FOTO: Damai Natal 2018 di Indonesia

CNN Indonesia & ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 25/12/2018 13:23 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Misa Natal digelar di sejumlah wilayah di Indonesia. Misa berlangsung khidmat dan damai. Doa untuk korban tsunami Lampung dan Banten turut dilantunkan jemaat.

Misa Natal berlangsung khidmat di gereja darurat di pengungsian Desa Bolupontu, Sigi, Sulawesi Tengah. Misa Natal dilaksanakan di tenda darurat karena gereja mereka hancur akibat likuefaksi pada 28 September lalu. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki/kye)
Doa untuk korban tsunami di Banten dan Lampung dilantunkan umat Kristiani dalam perayaan Natal di Alun-alun Bung Karno, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Misa diikuti sekitar 2.000 jemaat gabungan dari 40 gereja Katolik dan Kristen Protestan berbagai aliran. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww)
Warga Kampung Sawah, Bekasi, Jawa Barat menggelar misa Natal dengan mengenakan pakaian adat Betawi di Gereja Santo Servatius. Penggunaan pakaian adat ini rutin dilakukan setiap tahun. Akulturasi budaya Betawi dan Kristen sudah terjadi sejak tahun 1986. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Di Kampung Sawah, Bekasi, mulanya ada 18 orang Betawi warga asli dibaptis oleh Pastor Schweitz. Setelah memeluk agama Katolik, 18 orang itu menggunakan tradisi Betawi setiap ada acara di gereja. Sampai saat ini jemaat Gereja Katolik Santo Servatius terus konsisten dan menjaga tradisi adat Betawi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Misa Natal juga digelar umat kristiani di Gereja GPIB Immanuel, Jakarta, Senin, 24 Desember 2018. Perayaan Natal di Gereja GPIB Immanuel mengangkat tema Membangun Spiritualitas Damai Yang Menciptakan Pendamaian. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Sementara misa Natal umat Katolik di Gereja Katedral mengusung tema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita”. Misa yang dipimpin oleh Pastur Romo Albertus Hani Rudi Hartoko dari Paroki Katedral Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sejumlah umat Kristiani melakukan doa pada Misa Natal di Gereja Bethany Surabaya, Jawa Timur, Senin (24/12/2018). Perayaan Natal 2018 bertemakan
Pakaian adat juga dikenakan umat Katolik dalam misa malam Natal di Gereja Santo Thomas, Seyegan, Sleman, DI Yogyakarta. Perayaan Malam Natal yang dihadiri oleh ribuan umat Katolik itu menjadi refleksi kelahiran Yesus Kristus. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/kye)
Umat Katolik beribadah malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta. Senin 24 Desember 2018. Misa malam Natal 2018 mengusung tema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” dengan Misa yang dipimpin oleh Pastur Romo Albertus Hani Rudi Hartoko dari Paroki Katedral Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Umat Katolik mengikuti Misa Malam Natal 2018 di Gereja Santo Petrus, Solo, Jawa Tengah, Senin (24/12/2018). Pelaksanaan ibadah Misa Malam Natal untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus di Solo berlangsung aman dan khidmat. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/kye)
Sejumlah anak berbusana adat Bali membawa lilin saat mengikuti prosesi misa malam Natal di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Palasari, Jembrana, Bali, Senin (24/12/2018). Misa malam Natal dengan berpakaian adat Bali merupakan tradisi umat Katolik di Desa Palasari sebagai simbol akulturasi. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/kye)
Umat kristiani mengikuti ibadah misa malam Natal di Gereja GPIB Immanuel, Jakarta, Senin, 24 Desember 2018. Perayaan Natal di Gereja GPIB Immanuel mengangkat tema Membangun Spiritualitas Damai Yang Menciptakan Pendamaian. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Ribuan umat Kristiani mengikuti Misa Natal di Gereja Bethany Surabaya, Jawa Timur, Senin (24/12/2018). Perayaan Natal 2018 bertema
Warga menggelar pesta kembang api saat perayaan Hari Natal di Ambon, Maluku, Selasa (25/12/2018). Tepat pukul 00.00 WIT, warga Kota Ambon menyalakan kembang api secara bersamaan memyambut datangnya Hari Natal. (ANTARA FOTO/izaac mulyawan/pd)