Pengelola: Pengunjung Ragunan Libur Natal Naik Imbas Tsunami

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 25/12/2018 16:32 WIB
Pengelola: Pengunjung Ragunan Libur Natal Naik Imbas Tsunami Menurut pengelola, melonjaknya jumlah pengunjung tahun ini juga disebabkan oleh bencana tsunami di Selat Sunda. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jumlah pengunjung Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, saat perayaan Natal 2018 melonjak tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu. Peningkatan paling signifikan terlihat pada Minggu (23/12) dengan jumlah pengunjung mencapai 91 ribu orang.

Sementara pada hari yang sama di tahun 2017 jumlah pengunjung hanya sekitar 26 ribu orang.

Pelaksana Tugas Unit Pengelola Kebun Binatang Ragunan Sabdo Kurnianto mengatakan, melonjaknya jumlah pengunjung tak lepas dari bencana tsunami di Selat Sunda pada Sabtu (22/12).



"Pengunjung naik tiga kali lipat, padahal biasanya cuma 20 ribu pengunjung. Ini karena pengalihan yang ke Banten (karena tsunami) jadi ke Ragunan. Tidak lagi wisata pantai tapi larinya ke wisata kebun binatang," ujar Sabdo kepada CNNIndonesia.com, Selasa (25/12).

Hingga Selasa pukul 14.00 WIB, jumlah pengunjung kebun binatang Ragunan telah mencapai 71 ribu orang. Jumlah ini naik dari Senin (24/12) kemarin sebanyak 51 ribu orang.

Sabdo mengatakan, jumlah pengunjung masih akan bertambah karena kebun binatang Ragunan baru akan tutup pada pukul 17.00 WIB sore.


"Kita lihat sampai jam 17.00 WIB sore. Rata-rata kalau perayaan Natal pengunjung bisa mencapai 80 ribuan," katanya.

Pihaknya menargetkan jumlah pengunjung mencapai 550 ribu selama perayaan Natal hingga tahun baru. Berbeda dengan tahun lalu, selama perayaan Natal dan tahun baru tak ada atraksi khusus dari pengelola kebun binatang Ragunan.

"Acara khusus tidak ada. Ya biasa saja paling edukasi satwa-satwa seperti gajah, jerapah, begitu aja," ucap Sabdo.

Ia memastikan tak ada kenaikan tarif masuk kebun binatang Ragunan. Tarif masuk untuk orang dewasa tetap Rp4.000 dan anak-anak Rp3.000.

Ancol berkoordinasi dengan BMKG

Sementara itu, jumlah pengunjung di Taman Impian Jaya Ancol selama perayaan Natal diklaim relatif stabil.

Tercatat pada Senin (24/12) jumlah pengunjung 51.296 orang dengan jumlah pengunjung menggunakan mobil sebanyak 8.583 dan sepeda motor 3.154. Sementara pada Minggu (23/12) jumlah pengunjung mencapai 81.902 orang dengan pengunjung menggunakan mobil 12.367 dan sepeda motor 5.130.

Corporate Communications Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan, kawasan pantai Ancol masih menjadi destinasi utama para pengunjung.

"Alhamdulillah sampai saat ini masih aman. Jumlah pengunjung stabil," katanya.

Rika menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk memastikan keamanan di kawasan pantai utara Jakarta.

Sebagai upaya pencegahan, Rika memastikan pihak Ancol telah menyiapkan lifeguard di sepanjang pantai.

"Mereka bertugas menjaga keamanan pengunjung termasuk memberikan imbauan melalui pengeras suara apabila terjadi keadaan darurat," ucap Rika. (pris/stu)