Ma'ruf Maafkan Penyebar Video Hoaks Kostum Sinterklas

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 29/12/2018 14:44 WIB
Ma'ruf Maafkan Penyebar Video Hoaks Kostum Sinterklas Cawapres Ma'ruf Amin mengaku merasa dirugikan dengan beredarnya hoaks dirinya berkostum sinterklas. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Pandeglang, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin menerima permintaan maaf pria berinisial S yang berstatus tersangka penyebar video hoaks dirinya berkostum sinterklas.

Ia menyatakan sudah kewajiban baginya sebagai seorang ulama untuk memaafkan seseorang yang telah mengakui kesalahannya.

"Ya, sebagai seorang kiai tuh kalau ada orang minta maaf itu ya seperti saya katakan kemarin juga tentu harus saya maafkan," kata Ma'ruf saat ditemui di Pesantren Mathla'ul Anwar Linahdlatil Ulama, Pandeglang, Banten, Sabtu (29/12).


S sebelumnya telah menuliskan permintaan maaf kepada Ma'ruf. Surat tersebut diketahui telah dititipkan ke Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Aceh.

Ma'ruf sendiri mengaku merasa dirugikan terkait perlakuan tersebut. Ia pun berpesan agar peristiwa itu menjadi peringatan bagi masyarakat untuk tak menyebarkan kabar hoaks di kemudian hari.

"Jangan sampai ada pihak yang dirugikan seperti saya, kan akhirnya dirugikan dengan hoaks itu. Kita harap tidak ada hoaks-hoaks seperti itu," kata mantan Rais Aam PBNU itu.

Lebih lanjut Ma'ruf mengapresiasi kepolisian yang cepat menangani kasus tersebut. Mengenai kelanjutan proses hukum, ia menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada polisi.

"Karena itu memang tindakan pihak kepolisian untuk mencegah penyebaran hoaks secara lebih luas, karena itu sudah merugikan suatu pihak, itu patut dipuji dan diapresiasi," kata Ma'ruf.


(rzr/wis)