Masyarakat Berbagai Kalangan Hadiri Zikir Nasional di At-Tin

CNN Indonesia | Senin, 31/12/2018 21:14 WIB
Masyarakat Berbagai Kalangan Hadiri Zikir Nasional di At-Tin Masjid At-Tin menjadi lokasi digelarnya Dzikir Nasional akhir tahun. Sejumlah pejabat hadir mengisi ceramah. (Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Acara zikir Nasional di malam pergantian tahun 2018 ke 2019 yang digelar Masjid At-Tin, Jakarta, Senin (31/12) malam, ramai dihadiri masyarakat berbagai kalangan. Ratusan orang datang memenuhi lingkungan masjid tak jauh dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tersebut.

Pantauan CNNIndonesia.com, hingga pukul 20.00 WIB, mereka yang hadir terdiri dari berbagai usia. Baik anak-anak yang dibawa orang tuanya, remaja, dewasa, hingga paruh baya.
Masyarakat Berbagai Kalangan Hadiri Zikir Nasional di At-TiinZikir Nasional di Masjid At-Tiin. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)


Tak hanya di dalam, bagian luar atau halaman masjid juga mulai dipenuhi mereka yang hadir. Hingga kini, masyarakat terus berdatangan untuk mengikuti rangkaian acara zikir nasional hingga tengah malam nanti. Meski begitu, tidak sampai membuat lalu lintas sekitar masjid menjadi tersendat.



Banyak dari masyarakat yang hadir dan berada di halaman menyewa alas berupa spanduk bekas yang dijajakan. Mereka mengikuti rangkaian acara dengan khusyuk beratapkan langit. Tak peduli dengan angin malam yang berhembus kencang serta langit yang agak pucat layaknya bakal turun hujan.

"Tidak ada 01 tidak ada 02 di sini. Acara ini murni untuk berzikir dan memanjatkan doa kepada Allah," tutur Pemimpin Redaksi Harian Republika Irfan Junaidi melalui pengeras suara selaku penggagas acara.

Nampak para pedagang juga banyak menjajakan barang dagangannya. Dari mulai halaman parkir hingga pekarangan masjid. Mereka menjajakan makanan, minuman, kopiah, pakaian koko, dan peralatan shalat lainnya.



Salah satu peserta zikir nasional, Deni (33) mengaku baru tiba sejak 19.30 WIB. Dia datang bersama istri dan satu putranya. Saat ditemui, warga Jakarta Timur itu tengah duduk di bagian halaman Masjid At-Tin.

"Lebih enak di sini. Bareng-bareng sama yang lain. Terasa lebih dekat sama yang lain. Lagi pula di dalam masjid sudah penuh juga," ucap Deni.

Terpisah, Lela (54) juga mengaku lebih nyaman berada di bagian luar masjid selama mengikuti rangkaian acara zikir nasional. Lela sendiri datang bersama tetangga-tetangganya.



"Soalnya di sini bisa tiduran kalau ngantuk atau capek," ucap Lela yang menyewa alas berukuran panjang.

Merujuk dari penuturan pembawa acara melalui pengeras suara, Mendikbud Muhadjir Effendy sudah hadir untuk mengikuti zikir nasional. Perwakilan Majelis Ulama Indonesia dan Kementerian agama pun turut hadir. Tak ketinggalan, ustaz Arifin Ilham juga datang untuk memberikan ceramah. (bmw/ain)


BACA JUGA