Jokowi Beri Tenggat Relokasi Pesisir Lampung Tiga Bulan

CNN Indonesia | Rabu, 02/01/2019 19:20 WIB
Jokowi Beri Tenggat Relokasi Pesisir Lampung Tiga Bulan Mengenai nilai dari pembangunannya, sama seperti di NTT dan Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (2/1). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengunjungi daerah terdampak parah tsunami Selat Sunda di Desa Kunjir dan Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan (Lamsel), Rabu (2/1). Di sana, Jokowi menginstruksikan relokasi dan rekonstruksi permukiman rumah warga. Jokowi memberi tenggat tiga bulan.

"Dalam waktu tiga bulan harus sudah selesai," kata Presiden Joko Widodo.

Jokowi juga menginstruksikan pemetaan ulang permukiman, seperti salah satunya relokasi yang mesti berjarak minimal 400 meter dari bibir pantai.



"Jadi tidak ada tahap sementara, kita langsung akan rekonstruksi dan pembangunannya. Mengenai nilai dari pembangunannya, sama seperti di NTT dan Palu, Sulawesi Tengah," ujarnya.

Untuk merelokasi dan pembangunan rumah warga yang menjadi korban tsunami, Jokowi sudah meminta Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan, menyiapkan lokasi yang akan dibangun oleh Kementerian PUPR.

"Saya sudah minta sama Gubernur Lampung dan Bupati Lampung Selatan untuk disiapkan lokasinya, dan lahannya sudah disiapkan pemerintah daerah seluas dua hektare untuk dibangun perumahan bagi korban tsunami," ujarnya.

Jokowi juga mengutarakan bahwa lokasi Desa Kunjir dan Way Muli ini, merupakan tempat yang sangat rawan terhadap bencana alam tsunami. Sehingga perlu adanya penataan ruang kembali, begitu juga di tempat-tempat yang berada digaris ring of fire tersebut.

"Jadi kita tidak bicara hari ini atau lima tahun ke depan dan 10 tahun ke depan, tapi bicara 20 atau 50 tahun ke depan," ucapnya.


Mengenai peningkatan mitigasi, lanjut Jokowi, akan dimulai baik itu proses mitigasi, proses pembelajaran dan pendidikan mengenai kebencanaan. Seperti di sekolah-sekolah dan masyarakat, terutama di daerah yang rawan terhadap bencana alam tanah longsor, gempa bumi dan tsunami.

"Yang jelas, proses pendidikan mengenai bencana semuanya itu akan dimulai pada bulan Januari 2019 ini," kata dia.

Kedatangan Jokowi beserta rombongan ini disambut ratusan warga Desa Kunjir dan Way Muli yang menjadi korban tsunami. Di tempat itu, Jokowi sempat berdialog dan mendengarkan keluh kesah warga yang menjadi korban tsunami meski hanya sekitar 15 menit.

Usai meninjau lokasi terdampak tsunami di Desa Kunjir dan Way Muli, Jokowi bersama iring-iringan rombongan langsung bertolak menuju ke RSUD Bob Bazar Kalianda tempat korban dirawat. Setelah itu, menuju ke posko pengungsian di Lapangan Tenis Indoor Kalianda.

(zas/ain)