TKN Bantah Foto Jokowi di Kertas Suara Kamuflase Alumni 212

CNN Indonesia | Jumat, 04/01/2019 17:47 WIB
TKN Bantah Foto Jokowi di Kertas Suara Kamuflase Alumni 212 Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi dan Ma’ruf Amin. (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menegaskan alasan Jokowi mengenakan baju koko putih dan kopiah hitam dalam foto untuk kertas suara bukan sebagai kamuflase agar tidak dianggap sebagai musuh kelompok Islam, khususnya Alumni 212 dan kawan-kawan.

Juru Bicara TKN TB Ace Hasan Syadzily mengatakan seragam dan atribut tersebut memang sudah identik dengan Jokowi.
Ia berkata, Jokowi sudah sejak lama terbiasa mengenakan baju berwarna putih. Sementara Ma'ruf selaku ulama memang identik dengan gaya berpakaian islami.

"Pak Jokowi dari dulu selalu menggunakan baju berwarna putih, bukan hanya sekarang saja. Kalau Pak Kiai Ma'ruf memaki sorban putih, yak kiai kan salah satu identitasnya selalu memakai sorban," ujar Ace kepada CNNIndonesia.com, Jumat (4/1).
TKN Bantah Foto Jokowi di Kertas Suara Kamuflase Alumni 212Foto surat suara calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2019 di KPU. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)

Terkait pilihan warna putih, politisi Golkar ini mengatakan memilki makna yang positif. Putih, kata dia, menggambarkan sesuatu yang bersih.
"Kami ingin pilpres ini bersih. Cara-caranya juga bersih dengan tidak menghalalkan segala cara," ujarnya.


Sebelumnya, pakar semiotika Institut Teknologi Bandung Acep Iwan Saidi melihat ada citra yang ingin dibangun dari foto yang digunakan dalam kertas suara, khususnya Jokowi. Menurut dia, capres petahana itu seakan sedang melakukan pencitraan.

"Seolah-olah Pak Jokowi sedang berkamuflase. Jadi foto ini dengan begitu menjadi sangat citra banget. Bukan naturalnya. Ini sangat eksplisit citranya itu," ucap Acep saat dihubungi, Kamis (3/1).

Menurut Acep, Jokowi berkamuflase agar tidak dianggap sebagai musuh kelompok Islam, khususnya Alumni 212 dan kawan-kawan.
TKN Bantah Gaya Pakaian Jokowi di Kertas Suara KamuflaseFoto surat suara calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2019 di KPU. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)

Senada, Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding mengatakan Jokowi senang mengenakan baju berwarna putih. Hal itu, kata dia, terlihat dari setiap aktivitas kenegaraan Jokowi selama menjadi presiden dan kepala daerah.

"Bahkan menteri-menterinya diminta pakai putih dan di bawahnya hitam," ujar Karding.

Selain itu, politisi PKB ini juga mengatakan Jokowi lebih nyaman mengenakan kemeja. Ia berkata Jokowi tak terbiasa menggunakan jas yang terkesan mewah. Penampilan itu, kata dia, memperlihatkan karakter Jokowi yang sederhana dan apa adanya.

"Pakaian menunjukkan karakternya kan," ujarnya.

Lebih dari itu, ia juga menyampaikan pilihan baju berwarna putih sebagai cara Jokowi-Ma'ruf menunjukkan pihaknya sebagai orang yang bersih dan baik, terutama dalam hal rekam jejak hingga program. (jps/dea)