Saat Jokowi 'Wefie' dan Jajan Cilok di Ciracas

CNN Indonesia | Jumat, 11/01/2019 05:10 WIB
Saat Jokowi 'Wefie' dan Jajan Cilok di Ciracas Presiden Jokowi membeli cilok usai penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama pada 2019, di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (10/1). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meladeni permintaan foto masyarakat yang hadir dalam penyerahan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (10/1).

Selepas acara, masyarakat yang duduk di tribun GOR Ciracas langsung berdiri sambil memegang ponsel dengan mengarahkan ke Jokowi yang berjalan turun tribun.

Masyarakat yang didominasi ibu-ibu itu terlihat meminta untuk foto bersama Jokowi.


Awalnya Jokowi meladeni permintaan sejumlah warga untuk foto berdua. Namun permintaan tak kunjung selesai. Akhirnya, saking banyak warga yang ingin berfoto, calon presiden nomor 01 itu mengambil kendali.

Jokowi mengambil handphone seorang warga dan kemudian wefie bersama ibu-ibu. Tak hanya berfoto, Jokowi juga terlihat membuat video singkat sembari berputar.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas berjalan kembali. Dia tak langsung turun tribun, tetapi menuju tribun sisi utara. Sama seperti sebelumnya, Jokowi mengajak wefie warga yang telah menyiapkan telepon seluler.

Selepas dari GOR Ciracas, Jokowi menuju Lapangan Gongseng, Ciracas, Jakarta Timur, untuk meninjau usaha nasabah program pinjaman Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Di sana, Jokowi memberikan pengarahan kepada puluhan warga yang menjadi nasabah Mekaar binaan PNM. Mantan wali kota Solo itu meminta para nasabah Mekaar untuk meningkatkan usahanya setelah mendapat modal usaha.

Dalam program ini, setiap warga yang menjadi nasabah Mekaar mendapat modal Rp2 juta sampai Rp3 juta. Mereka lantas wajib menyicil membayar modal tersebut sebesar Rp90 ribu per minggu.

Usai memberikan pengarahan, Jokowi langsung menuju tenda yang berisi berbagai jenis makanan dari warga yang menjadi nasabah Mekaar. Jokowi melihat satu per satu makanan yang dijajakan warga.

Ternyata Jokowi tak hanya melihat-lihat jajanan, dia turut membeli beberapa jenis makanan yang disajikan. Dia membeli kue basah, keripik peyek, keripik pisang, hingga cilok. Bahkan, Jokowi sendiri yang mengambil cilok yang ia beli tersebut.

Sesekali Jokowi bercengkerama dengan masyarakat yang mengikuti program Mekaar. Dia berharap setelah mendapatkan pinjaman Mekaar usaha masyarakat berkembang.

"Misalnya, hanya jualan nasi uduk sekarang tambah jualannya," kata Jokowi. (fra/wis)