KPU Mulai Cetak Surat Suara Pemilu 2019 Secara Masif Hari Ini

CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 05:08 WIB
KPU Mulai Cetak Surat Suara Pemilu 2019 Secara Masif Hari Ini Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal memulai mencetak surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 secara masif hari ini, Jumat (18/1).

Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, mengatakan pencetakan secara masif ini dilakukan setelah pencetakan tahap awal dilakukan Rabu (16/1).

"Besok launching dimulainya produksi surat suara. Sebetulnya sudah, tapi besok formalnya, kita launching bersama BPK, KPK, PPATK, LKPP, itu besok," kata Pramono di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).
Pramono menyampaikan pencetakan awal hanya dilakukan untuk memastikan kualitas surat suara sudah sesuai standar yang dicanangkan.


Setelah diteliti dan dievaluasi, KPU menyatakan sudah siap mencetak 939.879.651 lembar yang mencakup surat suara Pilpres, DPD, DPRD kota/kabupaten, DPRD Provinsi, dan DPR akan dicetak dalam masa itu.
Pencetakam akan ditangani enam perusahan pemenang lelang, yaitu PT Gramedia (Jakarta), PT Balai Pustaka (Jakarta), PT Aksara Grafika Pratama (Jakarta), PT Temprina Media Grafika (Jawa Timur), PT Puri Panca Pujibangun (Jawa Timur), dan PT Adi Perkasa Makassar (Sulawesi Selatan).

"Sekaligus menunujukkan ke publik bahwa proses pengadaan logistik kita itu dari sisi proses melibatkan lembaga-lembaga yang punya kompetensi supaya tidak ada gratifikasi, mark-up, inefesiensi," kata dia.

Sebelumnya, surat suara untuk Pileg dan Pilpres 2019 sudah divalidasi pada Jumat (4/1). Validasi ditandai dengan penandatanganan surat suara oleh seluruh peserta pemilu. (dhf/has)