Ahok Bebas, Veronica Disebut Keluar Sendirian dari Rumah

CNN Indonesia | Kamis, 24/01/2019 12:16 WIB
Ahok Bebas, Veronica Disebut Keluar Sendirian dari Rumah Veronica Tan diceraikan Ahok saat pria itu masih berada di dalam penjara. Gugatan cerai Ahok atas Veronica itu dikabulkan PN Jakarta Utara pada 4 April 2018. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada hari bebasnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan istrinya yakni Veronica Tan terlihat keluar sendirian dari rumah kediaman keluarga mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Hal itu diungkap salah satu petugas keamanan di Komplek Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara.

"Tadi Bu Vero keluar sekitar jam 08.00, dia bawa dua jinjingan itu. Tapi enggak tahu dia ke mana. Sendiri tadi kayaknya," tutur petugas keamanan komplek, Charten saat ditemui wartawan di lokasi, Kamis (24/1).



Sementara itu, Kepala Keamanan Kompleks Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara Johson Simanungkalit mengaku tidak mendapat informasi Ahok akan pulang ke kediaman keluarganya di sana pascabebas.

Ahok resmi bebas dari bui di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok hari ini. Pada pagi tadi, Ahok dijemput putra sulungnya, Nicholas Sean, dari Mako Brimob.

"Saya belum ada informasi sama sekali dari ajudan dari mana tidak ada," ujar Johson kepada wartawan di Pos Keamanan Komplek Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara.

Suasana Rumah Ahok di Pluit Setelah Ia BebasKeamanan komplek mengatakan tak ada informasi penyambutan maupun karangan bunga atas bebasnya Ahok. Namun, pagi tadi terlihat Veronica Tan keluar dari rumah. (CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto)

Selain itu, Johson mengatakan di kompleks itu pun--terutama di rumah yang ditempati kerabat Ahok tak terlihat ada persiapan khusus atau pengamanan lebih. Ia juga mengatakan tidak ada tanda-tanda penyambutan kebebasan pria asal Belitung Timur itu.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, di pos satpam Komplek Pantai Mutiara, sejak diberitakan bebas, tidak ada tanda-tanda kepulangan Ahok ke rumahnya. Bahkan, tidak terlihat juga satu pun mobil yang membawa karangan bunga untuk menyelamati Ahok bebas. Hal itu dikonfirmasi Johson.

"Enggak ada sama sekali enggak ada kalau ada karangan bunga berarti ada tanda-tanda beliau akan datang kemari," ujarnya.

Ia mengatakan di rumah Ahok hanya ada tukang kebun yang biasa merapikan rumahnya. Tidak ada aktivitas lain di sana.

Suasana Rumah Ahok di Pluit Setelah Ia BebasBasuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyelesaikan proses administrasi sebelum bebas di Mako Brimob. (Screenshot via Instagram/@basukibtp)

"[Rumah] ini memang ditempatin Bu Vero tinggal sendiri di sini. Tiap hari juga kesini bu Vero sama anaknya kadang-kadang," ujar Charten.

Veronica Tan diceraikan Ahok saat pria yang kini ingin dipanggil BTP itu masih berada di dalam penjara. Gugatan cerai Ahok atas Veronica itu dikabulkan PN Jakarta Utara pada 4 April 2018.

Sebelumnya, Ahok menggugat cerai Veronica Tan pada 5 Januari 2018 dengan alasan ada orang ketiga dalam rumah tangga mereka. Upaya mediasi yang dilakukan sebelum sidang perceraian gagal menyatukan pasangan itu, yang menikah pada September 1997 silam.

Dari pernikahan tersebut, Ahok dan Vero memiliki tiga buah hati: Nicholas Purnama, Nathania Purnama, dan Daud Albeenner Purnama. Kini setelah bercerai, berdasarkan keputusan PN Jakut, hak asuh anak yang masih di bawah umur yakni Nathania dan Daud diberikan kepada Ahok.

Kedua anak itu akan diasuh oleh Ahok selaku penggugat namun tetap memberikan kewajiban kepada Vero selaku tergugat.

Sementara untuk rumah yang ditempati di Pluit tersebut, sempat disebutkan Ahok mengalah dan membiarkan Veronica yang menempatinya.


Pagi tadi, salah anggota satu Tim BTP, Ima Mahdia, mengungkapkan Ahok dijemput Nicholas dari Rutan Mako Brimob dan keluar dair sana sekitar pukul 07.30 WIB.

"Dijemput putra sulungnya Nicholas Sean dan perwakilan dari Tim BTP, langsung menuju kediaman," ujar Ima tanpa menjelaskan tempat kediaman yang dituju setelah Ahok bebas dari penjara pagi tadi.

(sah/kid)