Erick Thohir Minta Prabowo Tak Gagal Fokus Debat Lawan Jokowi

CNN Indonesia | Kamis, 31/01/2019 17:50 WIB
Erick Thohir Minta Prabowo Tak Gagal Fokus Debat Lawan Jokowi Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir meminta calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tak gagal fokus saat debat capres 17 Februari mendatang. Erick mengatakan Prabowo harus fokus menjawab isu yang memang menjadi tema debat.

"Saya harap Pak Prabowo jangan gagal fokus. Kalau beliau mengangkat isu yang lain ya itu akhirnya nanti yang kasihan rakyat sendiri," ujar Erick di posko pemenangan Cemara, Menteng, Jakarta, Kamis (31/1).

Tema debat capres mendatang adalah tentang energi, pangan, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Erick khawatir jawaban debat yang keluar dari tema tersebut justru akan merugikan capres itu sendiri.


"Jangan sampai rakyat tidak mendapatkan jawaban yang baik dari figur Pak Prabowo atau pun dari figur presiden kita Pak Jokowi," katanya.
Erick Thohir Minta Prabowo Tak Gagal Fokus Debat Lawan JokowiPrabowo Subianto dan Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Mantan Presiden Inter Milan mengklaim Jokowi telah siap mengikuti debat capres. Selain melakukan diskusi, pihaknya juga melakukan pengenalan lapangan lantaran lokasi yang digunakan berbeda dengan debat capres perdana pada 17 Januari lalu.

"Karena kan berbeda juga konsepnya, lokasinya juga berbeda pasti perlu pengenalan," ucap Erick.

Debat kedua bakal digelar 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Debat ini bakal disiarkan langsung oleh RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews.

Dalam debat kedua ini dua capres, Jokowi dan Prabowo akan beradu gagasan tanpa didampingi cawapres masing-masing. Mereka akan menggali visi, misi, gagasan, dan program terkait tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

KPU tengah mematangkan perubahan format dalam debat calon presiden kedua nanti. Pada debat itu, Jokowi dan Prabowo rencana diberi kesempatan satu segmen khusus untuk saling berdebat tanpa batasan waktu. (psp/wis)