Sindiran Jokowi Minta Jan Ethes Penuhi Panggilan Bawaslu

CNN Indonesia | Sabtu, 02/02/2019 18:06 WIB
Sindiran Jokowi Minta Jan Ethes Penuhi Panggilan Bawaslu Jokowi mempertanyakan kritik lawan politiknya terkait Jan Ethes. (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Surabaya, CNN Indonesia -- Calon presiden RI nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menilai politik di Indonesia akhir-akhir ini sedang dalam kondisi lucu-lucunya. Hal itu, menurut Jokowi, tak lepas dari protes kubu lawan yang mempermasalahkan kedekatan ia dengan cucunya, Jan Ethes.

"Katanya cucu saya mau dilaporkan Bawaslu? Ya misalnya dilaporkan Bawaslu, nanti saya suruh datang cucu saya. Sudah, lah, Thes, sana ke Bawaslu sana, paling-paling ditanya cucu saya ngomongnya juga masih grotal-gratul," kata Jokowi, saat menghadiri deklarasi Forum Alumni Jatim #01 di Surabaya, Sabtu (2/1).

Kubu Jokowi selama satu pekan terakhir memang mendapat kritikan terkait Jan Ethes.


Kritik itu dipicu oleh pernyataan salah satu ketua relawan Jokowi, Andi Widjajanto yang menyebut Jan Ethes adalah salah satu keunggulan dalam meningkatkan popularitas capres nomor urut 01 itu, khususnya di media sosial. Sebab, kubu lawan, yakni Prabowo-Sandi, tak memiliki sosok anak belia seperti Jan Ethes.

Apa yang diucapkan Andi mendapat kritik salah satunya dari politikus PKS, Hidayat Nur Wahid. Dia mempertanyakan maksud Andi itu dan mengaitkannya dengan dugaan pelibatan anak dalam kampanye. Hidayat bahkan meminta Bawaslu menyelidiki dugaan pelibatan anak itu.

Bagi Jokowi, protes yang dilayangkan kubu lawan adalah hal yang lucu. Manurut Jokowi kedekatannya dengan Jan Ethes adalah hubungan antara kakek dan cucu, maka wajar bila kerap tampil bersama.

"Masa saya main sama cucu saya gak boleh. Boleh kan? Masa saya main boom-boom car sama cucu saya gak boleh? Masak saya jalan-jalan di Kebun Raya sama cucu saya gak boleh? Masa saya foto-foto sama Jan Ethes gak boleh?," kata dia.

Ia pun meminta kubu lawan untuk lebih mengedepankan program, ide, dan gagasan untuk memajukan Indonesia ke depan, ketimbang mempermasalahkan kedekatan dirinya dengan sang cucu.

"Ini ada-ada saja, mengapa sih tidak menawarkan program, tidak menawarkan ide-ide tidak menawarkan gagasan-gagasan," kata pasangan calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin ini.

(frd/wis)