Banyak Kursi Kosong dalam Paripurna DPR yang Sahkan Tiga RUU

CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 13:58 WIB
Banyak Kursi Kosong dalam Paripurna DPR yang Sahkan Tiga RUU Banyak kursi kosong saat rapat paripurna DPR RI. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapat paripurna ke-12 masa persidangan III tahun sidang 2018-2019 DPR RI yang digelar di Ruang Sidang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/2) kembali diwarnai banyaknya 'kursi kosong' dan sempat tak kuorum.

Pantauan CNNIndonesia.com, rapat dimulai sekitar pukul 11.55 WIB. Tampak banyak kursi para anggota DPR di ruang rapat paripurna terlihat banyak yang kosong.

Pimpinan sidang paripurna yang juga Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menyebut ada 223 dari 560 anggota DPR yang hadir dalam persidangan tersebut. Jumlah itu membuat rapat paripurna belum bisa dilakukan karena tak memenuhi kuorum. Untuk kuorum dibutuhkan 50 persen kehadiran anggota DPR atau 280 orang.


Dilansir dari situs resmi DPR, setiap rapat DPR dapat mengambil keputusan apabila dihadiri oleh lebih dari separuh jumlah anggota rapat (kuorum). Apabila tidak tercapai, rapat ditunda sebanyak-banyaknya dua kali dengan tenggang waktu masing-masing tidak lebih dari 24 jam.
"Menurut laporan sekretariat, rapat telah dihadiri 223 dari 560 anggota yang dihadiri dari seluruh fraksi, dengan demikian kuorum belum tercapai namun kami mohon persetujuan untuk kita mulai rapat paripurna yang akan didahului dengan Pelantikan Antar Waktu (PAW)," kata Agus.

CNNIndonesia.com sendiri berusaha untuk meminta rekap absensi anggota DPR yang hadir namun petugas menolak memberikan.

Agus lantas menyatakan pelantikan anggota DPR dalam pergantian antarwaktu (PAW) di rapat paripurna tidak memerlukan kuorum peserta rapat. Oleh karenanya, ia meminta izin kepada para anggota yang hadir untuk melanjutkan agenda sidang melantik anggota.

"Karena untuk pelantikan antar waktu Tidak diperlukan kuorum terlebih dahulu, apakah ini dapat disetujui?" Kata Agus.

"Setuju," jawab anggota DPR yang hadir di rapat paripurna.

Tiga anggota dewan PAW yang dilantik itu diantaranya Wa Ode Nur Zainab mengganrikan Tina Nur Alam dari Fraksi PAN, Taslim Aziz menggantikan Amarullah Amri Tuasikal dari Fraksi Gerindra dan terakhir Musthafa Bakri menggantikan Fayakhun Andriadi dari Fraksi Golkar.

Usai melantik anggota baru, Agus menyebut jumlah anggota DPR yang hadir dalam rapat paripurna telah bertambah. Agus menyatakan setidaknya 281 anggota telah hadir dan rapat bisa kembali dilanjutkan.

"Setuju," kata peserta sidang serempak.

Namun pantauan CNNIndonesia.com, banyak kursi wakil rakyat di ruang rapat paripurna yang masih kosong belum diduduki empunya.

Rapat paripurna kali ini turut menyepakati tiga RUU yang akan disahkan menjadi UU. RUU itu diantaranya tentang pengesahan perjanjian Mengenai Bantuan Timbal Balik dalam Masalah Pidana Antara Republik Indonesia dan Persatuan Emirat Arab.

Selain itu tentang RUU tentang Pengesahan Persetujuan antara pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Belarus Tentang Kerja sama Industri Pertahanan. Dan terakhir RUU Kebidanan.

[Gambas:Video CNN] (rzr/arh)