Jokowi Banggakan Indonesia Tiga Tahun Bebas Karhutla

CNN Indonesia | Minggu, 17/02/2019 20:49 WIB
Jokowi Banggakan Indonesia Tiga Tahun Bebas Karhutla Capres nomor urut 01 Joko Widodo. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo membanggakan capaian kinerjanya dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan sehingga tidak terjadi lagi selama tiga tahun terakhir.

"Di bidang lingkungan hidup, kita ingin kebakaran hutan, kebakaran lahan gambut tidak terjadi lagi, sudah bisa kita atasi. Dalam tiga tahun ini, tidak terjadi kebakaran lahan hutan, kebakaran lahan gambut," kata Jokowi saat memaparkan visi dan misi dalam debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Minggu (17/2).

Menurutnya, keberhasilan ini merupakan hasil kerja seluruh elemen masyarakat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun lebih lanjut menyampaikan keinginannya untuk mengurangi sampah plastik yang berada di sungai dan laut.


"Kita ingin mengurangi sampah plastik di sungai dan laut. Dedikasi yang ingin kita tekankan Indonesia maju," ujar Jokowi.

Lingkungan hidup jadi salah satu tema di Debat Kedua Pilpres 2019. Selain lingkungan hidup, turut dibahas energi, pangan, dan infrastruktur.

Debat kedua hanya akan melibatkan calon presiden yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Sementara itu Prabowo dalam paparan visi misinya menyatakan tidak menyebut secara spesifik soal lingkungan hidup.

Prabowo menyatakan infrastruktur, pangan, energi dan lingkungan hidup bisa dikatakan inti masalah kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kami punya visi justru di bidang inilah untuk menjadi negara berhasil kita harus sungguh-sungguh membangun suatu kemandirian," katanya.

"Kita harus berdiri di atas kaki kita sendiri, kita harus swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air agar bisa survive sebagai suatu bangsa," imbuh Prabowo.


Tonton juga video: Prabowo akan Tindak Tegas Perusahaan Perusak Alam

[Gambas:Video CNN] (tst/sur)