Jokowi Singgung Lahan Prabowo, KPU Anggap Bukan Serangan

dhf, CNN Indonesia | Senin, 18/02/2019 14:50 WIB
KPU menilai ucapan Jokowi soal ratusan ribu lahan yang dimiliki Prabowo sekadar menyampaikan data, bukan serangan di panggung debat capres kedua. Komisioner KPU Viryan Azis. (CNN Indonesia/Fachri Fachrudin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak mempermasalahkan pernyataan Joko Widodo dalam debat capres kedua, kemarin malam, soal ratusan ribu hektare lahan milik negara yang dikelola Prabowo Subianto.

Komisioner KPU Viryan Azis menilai pernyataan Jokowi tersebut bukan sebuah serangan.

"Kenapa dianggap menyerang? Kan, hanya menyampaikan data," kata Viryan di kantor KPU, Jakarta, Senin (18/2).  


Jokowi saat debat capres kedua memang sempat menyindir kepemilikan lahan Prabowo di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah. Jokowi mengatakan Prabowo memiliki lahan seluas 220 ribu hektare diKalimantan Timur dan lahan seluas 120 ribu hektare Kabupaten Aceh Tengah, Daerah Istimewa Aceh.

Prabowo mengakui itu dan menyebut bahwa lahannya berstatus Hak Guna Usaha (HGU) yang sewaktu-waktu bisa diambil negara. 

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga telah melayangkan protes atas pernyataan Jokowi tersebut. BPN menganggap itu sebagai serangan secara personal. 

Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso menyebut pihaknya langsung menanyakan hal itu kepada KPU di lokasi debat, tak lama setelah Jokowi membahas kepemilikan Prabowo.

"Tadi kita langsung sampaikan protes kepada KPU. Dan KPU, kita pertanyakan bahwa itu tidak etis. Permalukan pribadi yang tidak boleh dalam tata tertib. Menurut kami itu langgar tata tertib," kata Priyo di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (18/2) dini hari.

Sementara itu Viryan mengingatkan BPN Prabowo-Sandiaga bahwa sudah ada kesepakatan terkait debat capres.

Dia menyebut Bawaslu siap sedia jika ada pengaduan dari kandidat atas dugaan pelanggaran di dalam debat.

"Sekarang begini, kalau ada pihak yang merasa ada yang tidak benar dalam proses debat, silakan disampaikan kepada rekan-rekan pengawas pemilu," tuturnya.

Tonton juga video: Jokowi Sebut Luas Lahan Prabowo di Kalimantan dan Aceh

[Gambas:Video CNN] (dhf/wis)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK