JK soal Earpiece saat Debat: Lihat Telinga Jokowi, Enggak Ada

CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 18:37 WIB
JK soal Earpiece saat Debat: Lihat Telinga Jokowi, Enggak Ada Wakil Presiden Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla membantah tudingan kecurangan yang dilakukan calon presiden Joko Widodo terkait penggunaan earpiece saat debat capres kedua, Minggu (17/2) malam.

JK mengatakan tak ada alat bantu yang digunakan Jokowi saat menghadapi debat capres tersebut.

"Mana? Lihatlah telinganya, kan enggak ada (earpiece)," ujar JK di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (19/2).


Sejumlah pihak sebelumnya menuding Jokowi menggunakan alat bantu berupa earpiece atau earphone dan pulpen sebagai sarana komunikasi ketika debat capres putaran kedua berlangsung.

Selama pelaksanaan debat capres, Jokowi memang beberapa kali terlihat memegang telinganya. Ia juga terekam menggunakan pulpen yang dibawa.

JK mengatakan earpiece umumnya digunakan oleh penyanyi untuk mengontrol suara. Penggunaan earpiece ini pun biasanya terlihat di telinga.

"Itu yang biasa dipakai penyanyi-penyanyi, kan kelihatan itu telinganya, tidak bisa disembunyikan," katanya.

Tudingan penggunaan earpiece ini sebelumnya ramai beredar di media sosial. Jokowi pun telah membantah dan menyebut tuduhan itu sebagai fitnah yang tak bermutu.

"Ada-ada saja sih ini. Fitnah-fitnah seperti itu jangan diterus-terusin lah," kata Jokowi di SD Negeri Panimbang Jaya 01, Tanjungjaya, Pandeglang, Banten, Senin (18/2).




(psp/wis)