KPU Tetapkan Debat Pemungkas Pilpres 2019 Digelar 9 April

CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 15:15 WIB
KPU Tetapkan Debat Pemungkas Pilpres 2019 Digelar 9 April Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho).
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan debat Pilpres 2019 yang kelima akan digelar pada 9 April mendatang. Debat ini merupakan yang terakhir sesuai direncanakan KPU dan akan mempertemukan dua pasang capres-cawapres, yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Ketua KPU Arief Budiman menyebut pihaknya baru menetapkan tanggal perhelatan, tetapi belum membahas lokasi debat.

"Oh itu debat kelima, KPU mengusulkan tanggal 9 April," kata Arief saat ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (20/2).


Dia menyebut keputusan KPU ini akan terlebih dulu disampaikan ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Arief menegaskan hal tersebut sebagai bentuk bahwa KPU membuka diskusi dengan kedua pihak. Namun keputusan akhir tetap ada di KPU.

"Kalau mereka bisa sepakat dengan tanggal, kami bisa sepakati tanggal yang diajukan. Kalau mereka enggak (sepakat), KPU yang putuskan," ujarnya.

Pengumuman dari Arief melengkapi jadwal rangkaian debat Pilpres 2019. Sebelumnya KPU hanya menetapkan waktu, lokasi, dan tema debat pertama hingga keempat.

Debat kelima sendiri akan mempertemukan kembali dua pasangan capres-cawapres seperti pada debat perdana.

Tema yang diangkat pada debat terakhir ini adakah ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.

Empat stasiun televisi ditunjuk KPU sebagai penyelenggara, yaitu tvOne, ANTV, BeritasatuTV dan NET TV. (dhf/osc)