Jokowi: Emansipasi Wanita Tak Perlu Diperdebatkan Lagi

CNN Indonesia | Selasa, 05/03/2019 03:25 WIB
Jokowi: Emansipasi Wanita Tak Perlu Diperdebatkan Lagi Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada siswa SMA Taruna Nusantara. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengatakan masalah emansipasi wanita di Indonesia sudah tak perlu diperdebatkan lagi. Jokowi menyebut baik laki-laki maupun perempuan memiliki peluang yang sama untuk bekerja maupun meraih cita-citanya.

Hal tersebut disampaikan Jokowi menjawab pertanyaan Ribka, siswa SMA Taruna Nusantara, asal Jayapura yang meminta masukan agar perempuan tak minder meski emansipasi wanita di Indonesia sudah berjalan.

"Kalau kita bicara emansipasi, masalah yang berkaitan dengan gender. Menurut saya di negara kita sudah tidak perlu diperdebatkan lagi," kata Jokowi di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (4/3).


"Karena sudah kami buka peluang-peluang itu kepada siapapun. Di pekerjaan-pekerjaan apapun, bidang apapun," ujar Jokowi menambahkan.
Mantan gubernur DKI Jakarta menyatakan masyarakat patut bersyukur karena karena kebebasan baik kepada laki-laki maupun perempuan dalam meniti karir.

Jokowi menyebut sudah banyak perempuan yang menjadi dokter, insinyur, hingga pengusaha. Menurutnya, saat ini semua tergantung pada diri masing-masing untuk meraih cita-cita maupun mimpinya.

"Tergantung kita sendiri, kita mau bekerja keras, kita mau belajar keras," katanya.

Selain di sektor swasta, kata Jokowi, perempuan juga banyak yang menjadi menteri. Menurut Jokowi, ada sekitar delapan menteri jajaran Kabinet Kerja merupakan perempuan.

Selain itu, tambah Jokowi, Indonesia memiliki presiden perempuan pertama, yakni Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

"Tidak ada batasan-batasan di semua pekerjaan. Peluang-peluang ada, silakan berkompetisi, silakan bersaing di antara kita," ujar Jokowi.
Calon presiden petahana nomor 01 itu lantas bertanya kepada Ribka tentang cita-citanya. Ribka mengaku ingin menjadi seorang menteri. Namun, saat ditanya ingin menjadi menteri apa, Ribka belum mengetahui.

Jokowi lantas menanyakan kembali posisi menteri yang dicita-citakan Ribka. Menurut Jokowi, saat ini ada beberapa posisi menteri yang dijabat perempuan, seperti Menteri Keuangan dan Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Menteri apa? Menteri keuangan atau menteri KKP, ganti Susi (Susi Pudjiastuti) ?" kata Jokowi. "Jadi menteri pendidikan," timpal Ribka yang langsung disambut tepuk tangan.
[Gambas:Video CNN] (ugo/ugo)