Anies Lantik Dewan Riset Daerah, Salah Satunya Ketum OK OCE

CNN Indonesia | Selasa, 05/03/2019 15:00 WIB
Anies Lantik Dewan Riset Daerah, Salah Satunya Ketum OK OCE Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengukuhkan 37 anggota Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi DKI Jakarta hari ini (5/3).

Dari puluhan nama tersebut, salah satu yang dilantik adalah Ketua Umum OK OCE, Faransyah Agung Jaya. Faran pun terlihat hadir dalam pengukuhan tersebut.

Dalam proes pengukuhan yang berlangsung di Balai Kota DKi Jakarta, Anies meminta para anggota yang baru dilantik itu tidak hanya melakukan riset dan kajian, tetapi juga melihat permasalahan terlebih dahulu. Setelah itu, anggota bisa melakukan riset guna mencari solusi.


"Kita bukan ingin mengundang mereka untuk menerapkan hasil riset, hasil kajian, tapi kita membutuhkan mereka untuk memberikan alternatif solusi dengan menggunakan riset dan kajian. Jadi orientasinya adalah masalah-masalah di Jakarta penawaran solusi," kata Anies.

Anies kemudian menyebutkan beberapa permasalahan dasar yang ada di Jakarta. Salah satunya masalah pelayanan air bersih di mana masih ada 40 persen warga Jakarta yang belum mendapatkan akses.


Kemudian ada juga permasalahan lainnya seperti pembangunan ruang interaksi yang dapat membawa warga Jakarta berkumpul tanpa memandang status sosial.

"Ada masalah akses pada kesehatan pada semuanya, kemudian juga soal pembangunan, ruang interaksi bagi warga sehingga muncul perasaan kebersamaan kesetaraan di kota ini, juga solusi atas masalah-masalah lain yang dibicarakan, masalah transportasi, kemudian permukiman, dan lain-lain," ujar mantan Menteri Pendidikan tersebut.

Anies mengatakan anggota DRD ini diseleksi melalui proses yang cukup panjang. Ia pun berharap DRD menjadi tempat berkumpulnya para pakar untuk memberikan terobosan terhadap berbagai macam persoalan.

"Di Jakarta banyak sekali pakar, justru di sini tempat berkumpulnya. Dewan riset ini menjadi salah satu tempat saja dan harapannya nanti mereka bisa mengundang narasumber lebih banyak lagi," ucapnya.


Sebanyak 37 anggota DRD yang dikukuhkan Anies itu nama-namnya tercatat dalam Keputusan Gubernur DKI Nomor 143 Tahun 2019 tentang penetapan anggota Dewan Riset Daerah periode 2018-2022.

Berikut ini nama-nama anggota DRD yang dikukuhkan Anies Baswedan:

1. Heru Susetyo
2. Eman Sulaeman Nasim
3. Nurul Taufiqu Rohman
4. Faransyah Agung Jaya
5. Mohammad Soleh Nurzaman
6. Eddi Junaidi
7. Sunarsip
8. Kemas Ridwan Kurniawan
9. Djoni Hartono
10. Joko Adianto
11. Emir Riza Avialda
12. Dadang Solihin
13. Adhamaski Pangeran
14. Khoirunnurrofik
15. Pratiwi Pujilestari Sudarmono
16. Roestiadi Tsamanov
17. Sukma Widyanti
18. Anang Kelanajaya Umaedi
19. Suwardi Hagani
20. Gilang Satriya Adhi Utama
21. Arie Mufti
22. Ady Rizalsyah Thahir
23. Ubaidillah
24. Ibnu Tadji H Nurwendo
25. Erick Yusuf
26. Berly Martawardaya
27. Chotib
28. Isroil Samihardjo
29. Andi Rahmah
30. Iwan Setiawan
31. Aisa Dokmauly Tobing
32. Muhammad Fausal Kahar
33. Teddy Rionald Bachtiar
34. Jaizuluddin Mahmud
35. Widodo Setyo
36. Priyadi Priyautama Ignatius
37. Susy Yunia R Sanie Herman.

(ani/kid)