Polisi Temukan Mesin ATM di Apartemen Tersangka Skimming BCA

CNN Indonesia | Senin, 18/03/2019 17:56 WIB
Polisi Temukan Mesin ATM di Apartemen Tersangka Skimming BCA Mesin ATM yang ditemukan di apartemen RP, pelaku kasus skimming ATM Bank BCA. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengungkapkan petugas kepolisian menemukan mesin ATM saat melakukan penggeledahan di apartemen milik RP, tersangka kasus dugaan pembobolan uang atau skimming ATM Bank BCA dengan kerugian Rp300 juta.

RP adalah kerabat jauh calon presiden Prabowo Subianto. Argo menyebut penggeledahan itu dilakukan pada 26 Februari di sebuah apartemen di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan.

"Ada mesin ATM di kamarnya, itu ada satu kita sita juga," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (18/3).


Argo berkata mesin ATM ditemukan dalam kondisi offline. Saat ini, polisi masih menggali keterangan dari tersangka RP terkait keberadaan mesin ATM tersebut.

Dia juga menyebut polisi tengah mempelajari sistem mekanisme dari mesin ATM yang ditemukan tersebut.

"Sedang dipelajari sistem mekanisme ATM seperti apa," ujarnya.

Selain menemukan mesin ATM, dalam penggeledahan tersebut polisi juga menemukan sejumlah kartu ATM, dua kartu putih berisi data nasabah, satu unit laptop, handphone, masker, serta kerudung.

Kerudung itu diketahui digunakan oleh tersangka RP untuk melakukan aksi skimming di mesin ATM.

"Menggunakannya saat mengambil ATM di daerah Tangerang Selatan dan Jaksel, dia menggunakan itu berhijab kemudian kayak perempuan, sehingga kalau dilihat dari CCTV seperti perempuan," tutur Argo.

Argo mengungkapkan dari keterangan tersangka RP, yang bersangkutan telah 50 kali melakukan aksi skimming. Saat ini, sambungnya, polisi masih terus melakukan pendalaman terhadap kasus skimming tersebut. (dis/wis)