PPP Resmi Kukuhkan Suharso Sebagai Plt Ketua Umum

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 22:20 WIB
PPP Resmi Kukuhkan Suharso Sebagai Plt Ketua Umum Suharso Monoarfa. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Puncak, Bogor, CNN Indonesia -- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara resmi menetapkan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Suharso Monoarfa sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP untuk menggantikan Romahurmuziy yang terkena kasus korupsi.

Hal itu diputuskan secara aklamasi oleh seluruh dewan pimpinan wilayah (DPW) yang hadir dalam Forum Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) III yang digelar di Hotel Seruni, Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/3) malam.

Wakil Ketua Umum PPP, Arwani Thomafi yang menjadi salah satu pemimpin sidang Mukernas awalnya menayakan kesiapan Suharso untuk menjabat sebagai Plt Ketum PPP.


"Kita tanyakan kepada Pak Soeharto Apakah bersedia untuk menjadi Plt ketua umum sekaligus melaksanakan keputusan Mukernas pada malam hari ini?" Tanya Arwani.
Setelah itu, salah satu peserta forum menyatakan keberatan. Ia menyatakan Arwani tak perlu lagi untuk menanyakan kesiapan dari Suharso untuk menjabat Plt Ketum.

Merespon hal itu, Arwani langsung menetapkan Suharso sebagai Plt Ketum PPP dengan mengetok palu sidang sebanyak tiga kali.

"Jadi Mukernas ke-3 PPP menetapkan dan mengukuhkan Pak Suharso Monoarfa sebagai Plt Ketua Umum," kata Arwani.

Hasil keputusan itu lantas disambut sorak-sorai dan tepuk tangan ratusan peserta yang memenuhi ruangan Mukernas.

Dalam sambutannya perdananya usai ditetapkan, Suharso menyatakan tak pernah bermimpi untuk menjabat dan dipilih oleh para kader sebagai Plt Ketum PPP.

"Saya tak pernah bermimpi untuk berdiri disini menerima mandat disini," kata Suharso.

Setelah itu, Suharso turut menyinggung soal eks Ketum PPP Romahurmuziy atau Romi yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait kasis korupsi.

Sambil terisak, Suharso menyatakan tak mengira Romi akan terjerat kasus korupsi. Sebab, ia menyatakan Romi memiliki peluang besar untuk menjadi pemimpin bangsa Indonesia kedepannya.

"Bagi saya saudara Romahurmuziy itu dia anak saya dan adik saya, saya tidak mengira sungguh tidak mengira itu terjadi pada seseorang yang menurut saya seperti meteor, akan menjadi calon pemimpin bangsa di kemudian hari semuanya ada pada beliau kapasitas ada kapabilitas ada," kata dia

Sebelumnya, agenda inti sidang Mukernas PPP untuk menetapkan Suharso sebagai Plt Ketum dilakukan secara tertutup.

Pantauan CNNIndonesia.com, pembukaan Mukernas itu awalnya bersifat terbuka bagi awak media.

Mukernas PPP dibuka sekitar pukul 20.30 WIB. Sebelum acara, Suharso berkeliling menyalami para kader PPP yang terlebih dulu datang di ruang Mukernas. Akan tetapi, saat masuk dalam agenda rapat pleno pembahasan inti Mukernas berlangsung tertutup. (rzr/age)