Fraksi DPRD Mulai Kirim Anggota Pansus Pemilihan Wagub DKI

CNN Indonesia | Jumat, 29/03/2019 09:44 WIB
Fraksi DPRD Mulai Kirim Anggota Pansus Pemilihan Wagub DKI DPRD DKI mulai mengirimkan sejumlah nama untuk masuk sebagai anggota pansus pemilihan Wagub DKI. (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mulai membentuk Panita Khusus (Pansus) untuk pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta. Sekretaris Dewan Muhammad Yuliadi menyatakan setiap fraksi sudah berkomitmen mengirimkan anggotanya sebagai bagian dari pansus.

"Kita sudah bikin surat ke fraksi sekarang sebagian fraksi sudah bikin jawaban ngusulin siapa anggota yang bergabung di pansus. Ada yang sudah kirim," kata Yuliadi di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (28/3).

Yuliadi mengemukakan sejumlah anggota yang sudah mengirimkan nama ialah Fraksi Hanura mengirimkan nama Ongen Sangaji dan NasDem mengirimkan nama Bestari Barus. Sementara pihak lain masih menunggu pengiriman nama.



"Anggota pansus tergantung jumlah kursi yang ada PDIP bisa 8 kursi di pansus. PKS belum masuk, kalau sudah masuk baru di SK-kan akan disampaikan di paripurna. Kan kita nunggu," ucap dia.

Setelah pembentukan pansus bakal ada pembentukan panitia seleksi yang akan menggodok tata tertib sidang. Di situ pula digodok teknis persidangan apakah sidang dilakukan terbuka atau tertutup.

"Tergantung pansel dia mau apa aturannya apa aja terserah. Mau sistem tertutup atau tertulis pemilihannya. Tergantung mereka apakah dicoblos atau contreng," kata dia.


Yuliadi memastikan bahwa semua fraksi sudah menerima surat undangan tersebut. Diharapkan semua fraksi bisa secepatnya mengirimkan perwakilan fraksi.

Diketahui ada dua nama calon wakil gubernur yang disepakati Gerindra dan PKS, mereka ialah Agung Yulianto dan Ahnad Syaikhu. Kedua nama itu akan diparipurnakan dan diputuskan oleh DPRD DKI sebagai Wakil Gubernur DKI Pengganti Sandiaga Uno.

[Gambas:Video CNN] (ctr/ain)


BACA JUGA