SERBA-SERBI

Jokowi 'Tanggap' Kirun dan Ki Manteb Usai Pilpres di Istana

CNN Indonesia | Kamis, 04/04/2019 01:52 WIB
Jokowi 'Tanggap' Kirun dan Ki Manteb Usai Pilpres di Istana Joko Widodo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo berkata akan menanggap pelawak Syakirun alias Kirun dan Ki Manteb Soedharsono usai pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Jokowi ingin mereka bermain di Istana Negara, Jakarta, setelah pesta demokrasi lima tahunan rampung.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam silaturahmi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) se-Jawa Tengah, di GOR Diponegoro, Kabupaten Sragen, Rabu (3/4). Kirun dan Ki Manteb turut hadir dalam acara silahturahmi tersebut.

Awalnya, Jokowi meminta tiga orang perwakilan dari pengusaha penggiling padi, petani, dan pejual pupuk maju ke atas panggung.


Mengetahui kehadiran Kirun, mantan wali kota Solo itu lantas memanggil pria asal Madiun, Jawa Timur itu naik ke atas panggung.
Jokowi meminta Kirun ikut bertanya kepada tiga orang dari perwakilan Gapoktan dan Perpadi itu.

Kirun kemudian bertanya kepada Endang, warga Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, pemilik penggilingan padi usai Jokowi.

Ia memberikan pertanyaan yang sedikit nyeleneh.

"Apa bedanya pengering rambut dan pengering gabah?" kata Kirun.

"Bedanya nek (kalau) rambut (pengeringnya) cuma kecil, kalau gabah harus besar, harus punya dana agak besar juga (untuk membelinya)," jawab Endang.

Kirun lantas menyinggung Endang yang belum memiliki dana untuk membeli dryer atau alat pengering padi.

Kirun berseloroh akan memberikan dana kepada Endang bila dirinya dipanggil untuk pentas oleh Jokowi.

"Dana beli dryer belum ada, nanti tunggu dari saya kalau saya ditanggap pak Presiden," ujar Kirun.

Mendengar ucapan Kirun itu, Jokowi tampak mengetahui maksud yang sebenarnya dari Kirun. Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan akan menanggap Kirun.

"Iki muter-muter (ini berputar-putar), mintanya minta ditanggap, ya nanti setelah Pilpres tak tanggap di Istana," timpal Jokowi disambut tawa hadirin.

Kirun kembali kepada pertanyaan yang dirinya ajukan kepada Endang. Menurut Kirun, tak ada perbedaan antara pengering rambut dengan pengering gabah.

Jawaban Kirun tak nyambung dengan pertanyaan yang dirinya sampaikan.

"Enggak ada bedanya dryer rambut sama gabah. Pokoknya Indonesia kaya engga ada masalah kalau kita bersatu bersama pak Presiden. Selesai," tutur Kirun.

Jokowi kembali memastikan bahwa dirinya akan mengundang Kirun dan Ki Manteb bermain di Istana.

"Jadi nanti setelah 7 April saya tanggap Mas Kirun kali Pak Manteb ke Istana," kata calon presiden petahana itu.

"Mohon izin pak Presiden, Ki Manteb sama Kirun mohon maaf, enggak akan minta diurusi pak Presiden, jadi biar stafnya saja yang ngurusin," ujar Kirun sambil terkekeh.
Kirun merupakan pelawak yang pernah bermain dalam Srimulat, grup lawak legendaris Indonesia.

Kirun juga terkenal bermain bersama rekannya Bagyo dan Kholik. Selepas kedua rekan lawaknya meninggal, Kirun kini mendirikan Padepokan Seni Kirun (PadSki) di Madiun, Jawa Timur.

Sementara itu, Ki Manteb dikenal sebagai seorang dalang wayang kulit kelahiran Sukoharjo, Jawa Tengah. Ki Manteb dijuluki oleh para penggemarnya sebagai Dalang Setan. Ia juga pernah memecahkan rekor mendalang 24 jam tanpa henti dengan lakon Baratayudha. Kini Ki Manteb tinggal di kawasan Karanganyar.
[Gambas:Video CNN] (fra/ugo)