Kampanye di Indramayu, Jokowi Bakal Pamer Capaian Pertanian

Antara, CNN Indonesia | Jumat, 05/04/2019 11:58 WIB
Kampanye di Indramayu, Jokowi Bakal Pamer Capaian Pertanian Calon presiden 01Joko Widodo saat melakukan kampanye terbuka didampingi Iriana Jokowi, di Lapangan Sasana Krida, Kompleks GOR Satria, Purwokerto, Banyumas, Kamis (4/4). (Agus Suparto/Fotografer Pribadi Jokowi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo disebut bakal memamerkan capaian pemerintahannya dalam bidang pertanian dan perikanan saat berkampanye di Sport Center, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (5/4).

"Iya dimungkinkan [pamer capaian perikanan dan pertanian] kalau waktunya cukup," kata Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Barat Dedi Mulyadi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (5/4).

Mantan Bupati Purwakarta ini mengatakan Jokowi juga bakal banyak berbicara soal peran pemerintah dalam meningkatkan pertanian dan perikanan di Indramayu. Pasalnya, kata dia, daerah tersebut sarat akan hasil dua sektor itu.


"Indramayu kan daerah kelautan pertanian, fungsi dan peran pemerintah meningkatkan produktivitas di bidang itu," kata Dedi.

Dalam hal pertanian, Jokowi sempat menargetkan swasembada pangan di masa pemerintahannya. Namun, hal itu belum sepenuhnya terwujud.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tahun 2014, impor beras tembus 844 ribu ton. Setahun setelah pemerintahan berjalan, impor beras naik tipis 861 ribu ton.

Kemudian, pemerintah kembali mengimpor beras sebanyak 1,28 juta ton pada 2016, dan sempat turun menjadi hanya 305 ribu ton pada 2017. Tahun lalu, impor beras kembali meroket hampir mencapai tujuh kali lipat tahun sebelumnya menjadi 2,25 juta ton.

Sementara dalam bidang perikanan, dikutip dari situs Kementerian Kelautan dan Perikanan, ekspor produk perikanan dan kelautan periode Januari-September 2018 telah mencapai USD 3,52 miliar atau meningkat 11,06 persen dibanding periode yang sama tahun 2017.

Dalam kampanye terbuka Jokowi di Indramayu itu, Dedi mengatakan sejumlah tokoh rencananya ikut mendampingi Jokowi.

Di antaranya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Ketua TKN Erick Thohir, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias kang Emil.

Pada Pilpres 2014 lalu, Jokowi-Jusuf Kalla meraih kemenangan di kota mangga ini. Saat itu Jokowi-JK menang dengan 540.832 suara (59,31 persen), sementara pasangan Prabowo Subianto-Hatta Radjasa mendapatkan 371.044 suara (40,69 persen).

[Gambas:Video CNN] (arh)