Saat Jokowi Berhadapan dengan 'Jokowi' di Arena Kampanye

CNN Indonesia | Minggu, 07/04/2019 18:47 WIB
Saat Jokowi Berhadapan dengan 'Jokowi' di Arena Kampanye Calon presiden nomor 01 Joko Widodo melihat hologram yang menampilkan dirinya saat kampanye di Kota Tangerang, Banten, Minggu (7/4). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Tangerang, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor 01 Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan 'Jokowi' saat kampanye bertajuk karnaval di Kota Tangerang, Banten, Minggu (7/4). 'Jokowi' ini merupakan hologram yang disiapkan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.

Usai menaiki kereta kencana asal Solo, Jokowi langsung menghampiri hologram yang menampilkan dirinya mengenakan kemeja putih lengan panjang digulung hampir sampai siku. Panggung hologram itu berada sekitar 100 meter sebelum panggung utama kampanye pasangan nomor 01, di dekat Pendopo Bupati Tangerang.

Jokowi yang juga mengenakan kemeja putih lengan panjang digulung hampir sampai siku seperti tengah berkaca saat berada di depan hologram. Mantan Wali Kota Solo itu antusias melihat 'kembaran' dirinya.


Ia sempat menunjuk ke arah hologram Jokowi. Hologram yang menampilkan Jokowi itu bisa berbicara menyampaikan program-program kerja bila terpilih dalam Pilpres 2019. Jokowi versi hologram menjelaskan alat tersebut dibuat anak-anak muda.


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian langsung menuju panggung utama kampanye bersama pasangannya Ma'ruf Amin. Jokowi turut didampingi istrinya Iriana. Ma'ruf yang memakai jaket putih juga didampingi sang istri.

Pendukung Naik Pohon
Dalam pidatonya, Jokowi mengingatkan bahwa waktu pemilihan umum (Pemilu) 2019, baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden tinggal 10 hari lagi. Ia lantas meminta para pendukungnya agar tidak 'kasih kendor' dan gaspol.

Sama seperti kampanye di kota-kota lain, Jokowi juga turut memperkenalkan tiga kartu sakti, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Prakerja, dan Kartu Sembako Murah. Awalnya Jokowi memperkenalkan KIP Kuliah kepada para pendukung.

"Ini nanti anak-anak kita lulusan SMA, SMK yang ingin meneruskan perguruan tinggi, akademi akan kita beri beasiswa," ujarnya.

Saat akan melanjutkan memperkenalkan Kartu Prakerja, Jokowi menyapa pendukungnya yang sampai naik ke atas pohon. Terdapat tiga orang pendukung yang memakai kaus putih berdiri di dahan pohon dekat panggung.

"Hati-hati jatuh loh, ada yang naik pohon. Hati-hati," kata Jokowi.


Jokowi melanjutkan Kartu Prakerja diberikan kepada lulusan SMA, SMK, akademi, perguruan tinggi, serta pekerja yang baru diberhentikan alias PHK. Menurut Jokowi, para pemegang kartu itu akan mendapatkan pelatihan agar keterampilan meningkat.

"Tapi kalau yang belum dapat kerja nanti dari kartu ini akan diberikan insentif, honor," tuturnya.

Terakhir, kata Jokowi pihaknya menyiapkan Kartu Sembako Murah. Dia mengatakan kartu tersebut bisa digunakan membeli berbagai kebutuhan pokok, seperti beras, telur, gula, hingga minyak dengan harga terjangkau.

"Tapi perlu saya ingatkan tiga kartu ini akan keluar masih tahun depan. Karena tahun ini dianggarkan dulu. Karena ini adalah program capres, program Jokowi dan Kiai haji Ma'ruf Amin," kata Jokowi.

(fra/ain)