Jokowi Ajak Masyarakat 'Jepret' Penghitungan Suara di TPS

CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 05:01 WIB
Jokowi Ajak Masyarakat 'Jepret' Penghitungan Suara di TPS Capres Jokowi saat berkampanye di Kota Depok, Kamis (11/4). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Depok, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor 01 Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat mengawasi dan memfoto proses penghitungan suara di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Seluruh rakyat saya ajak semua untuk melihat TPS, hasilnya dijepret (difoto). Jadi kalau nanti ada yang curang gampang carinya," kata dia usai kampanye di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (11/4).

Jokowi mengatakan penghitungan suara juga akan dilakukan berjenjang, mulai dari TPS sampai ke tingkat nasional. Menurutnya, proses penghitungan suara tersebut juga bisa dipantau melalui aplikasi.


"Kalau ada yang curang di TPS mana, kalau ada yang curang di kecamatan mana, kalau curang di kabupaten mana, gampang sekali ngitungnya," ujarnya.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta kepada semua pihak untuk tidak langsung mengklaim bahwa ada kecurangan dalam proses pesta demokrasi lima tahunan ini, karena penghitungan suara belum dilaksanakan.

"Jadi jangan sampai ada yang ngomong curang, curang dihitung juga belum. Berjenjang," tuturnya.

Pemungutan suara Pilpres 2019 tinggal 6 hari lagi. Pada kontestasi kali ini Jokowi yang menggandeng Ma'ruf Amin akan kembali berhadapan dengan Prabowo Subianto yang meminang Sandiaga Uno.

[Gambas:Video CNN] (fra/arh)