Jokowi Ucapkan Selamat Gojek Decacorn Pertama di Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 01:26 WIB
Jokowi Ucapkan Selamat Gojek Decacorn Pertama di Indonesia Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada Gojek yang telah menjadi perusahaan rintisan (startup) dengan status decacorn pertama di Indonesia. (Agus Suparto/Fotografer Pribadi Jokowi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat kepada Gojek yang telah menjadi perusahaan rintisan (startup) dengan status decacorn pertama di Indonesia.

"Saya ingin ucapkan selamat terlebih dulu kepada Gojek yang menurut CB Insight telah menjadi decacorn pertama di Indonesia dengan valuasi lebih dari US$10 miliar," kata Jokowi dalam acara Mitra Juara Gojek 2019 di Ancol, Jakarta, Kamis (11/4) malam.

Jokowi lantas mengajak seluruh anak muda Indonesia untuk selalu berinovasi. Dengan inovasi dan kreativitas, Mantan wali kota Solo itu berharap startup Indonesia bisa menyandang status unicorn serta decacorn.


"Dengan semangat optimisme, kita bisa lahirkan lebih banyak startup unicorm serta decacorn baru di Indonesia. Ciptakan terus karya untuk Indonesia maju," ujarnya.
Jokowi menyatakan ekonomi digital ke depan memberikan harapan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut, pada 2018 ekonomi digital telah mencapai nilai sekitar US$27 miliar.

Saat ini, Jokowi menilai ekonomi digital membantu menciptakan peluang bagi pelaku UMKM untuk berkembang. Gojek, kata Jokowi, merupakan salah satu startup yang ikut membantu mengembangkan bisnis UMKM masyarakat Indonesia.

"Inilah saatnya startup indonesia tampil ke regional dan pentas dunia. Ini sudah dilakukan oleh Gojek," ujarnya.
Lebih lanjut, Jokowi mengatakan pemerintah dalam 4,5 tahun terakhir ini telah melakukan tiga langkah dalam mendukung ekonomi digital. Pertama, pemerintah membangun infrastruktur digital, termasuk lewat broadband, seperti Palapa Ring.

"Yang kami harapkan akan selesai 100 persen di pertengahan tahun 2019," katanya.

Kedua, menurut Jokowi, pemerintah juga telah membantu menciptakan ekosistem yang mendukung iklim usaha bagi ekonomi digital. Lalu ketiga, pemerintah juga sudah membangun kualitas sumber daya manusia di sektor digital.

"Kami juga minta perusahaan yang sudah maju untuk dukung anak muda untuk go online dan adopsi teknologi digital," kata Jokowi. (fra/has)