Prabowo Kembali Akui Bagian dari Satu Persen Elite yang Kaya

CNN Indonesia | Minggu, 14/04/2019 05:56 WIB
Prabowo Kembali Akui Bagian dari Satu Persen Elite yang Kaya Calon presiden Prabowo Subianto di lokasi debat terakhir, Hotel Sultan, Sabtu (13/3). (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto kembali mengakui bahwa dirinya bagian dari satu persen elit yang menguasai banyak aset di Indonesia. Hal itu dia ucapkan dalam debat capres kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4).

Pengakuan Prabowo itu bermula dari pertanyaan Ma'ruf Amin. Dalam sesi debat terbuka Ma'ruf menyinggung soal Prabowo yang kerap mengatakan ada satu persen elite menguasai banyak aset. Padahal, Prabowo sendiri memiliki kekayaan yang besar.

Prabowo lantas mengakui bahwa dirinya bagian dari satu persen elite yang dimaksud. Dia mengklaim tidak pernah menutup-nutupi.


"Saya selalu di mana-mana mengatakan saya bagian dari satu persen itu, pak. Saya tidak pernah menutupi," kata Prabowo.

Meski begitu, Prabowo mengklaim dirinya berbeda dengan mereka yang termasuk dalam satu persen elite. Prabowo menyatakan dirinya adalah orang yang memiliki tanggung jawab kepada rakyat dan bangsa Indonesia.

" Jangankan harta, jiwa dan raga saya berikan untuk bangsa. Saya bagian satu persen, tapi satu persen yang cinta Tanah Air, patriotik membela rakyat Indonesia," tutur Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo juga pernah mengakui dirinya bagian dari elite yang memiliki banyak kekayaan. Hal itu dia utarakan Prabowo saat memberi arahan kepada ribuan Relawan Roemah Djoeang, di Jakarta, Minggu (13/1).
"Saudara-saudara saatnya rakyat merebut kembali kedaulatan rakyat. Elite itu tak perlu terlalu kau kagumi itu. Aku kenal dari kecil itu. Aku tahu satu-satu, lagaknya aja itu," kata Prabowo.

Prabowo lantas mencontohkan perilaku elite yang kerap menggunakan mobil mewah tersebut. Dia menuding mobil mewah itu merupakan hasil menyolong uang rakyat.

"Justru kalau lihat orang pakai mobil mewah, harus kita tanya duitnya dari mana," kata dia.

Prabowo mengakui merupakan bagian dari elite politik yang dia sebutkan. Namun, dia mengklaim sebagai elite yang sadar.

"Ada yang bilang Prabowo kok ngomong begitu, dia bagian dari, ya saya bagian. Saya pertama, saya mengaku, saya bagian dari elite. Tapi saya elite, tunggu dulu, saya elite yang sadar," ujar Prabowo disambut tepuk tangan relawan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat capres-cawapres kelima di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu (13/4). Tema debat kali ini adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

Debat kali ini merupakan yang terakhir kalinya bagi capres dan cawapres peserta Pilpres 2019. Mulai Minggu (14/3), masing-masing peserta Pilpres 2019 juga sudah tidak boleh berkampanye karena memasuki masa tenang hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (bmw/wis)