SBY dan Ani Yudhoyono Nyoblos di Singapura Hari Ini

CNN Indonesia | Minggu, 14/04/2019 09:48 WIB
SBY dan Ani Yudhoyono Nyoblos di Singapura Hari Ini SBY dan Ani Yudhoyono saat menggunakan hak suaranya di pilkada. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tak akan menggunakan hak pilihnya di Indonesia pada Pemilu 2019. SBY akan menyalurkan hak pilihnya di Singapura pada Minggu (14/4).

Presiden ke-6 RI ini akan mencoblos di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura. Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief.

"Pukul 16.00 SBY akan mencoblos di KBRI (Singapura)," kata Andi dalam pesan singkat.


Andi tak merinci alasan SBY mencoblos di Singapura, bukan di kediamannya Cikeas. Selama ini SBY memang diketahui masih mendampingi istrinya yang tengah menjalani perawatan medis di Singapura.


Sementara istri SBY, Ani Yudhoyono dikabarkan akan menggunakan hak suaranya di National University Hospital, Singapura.

SBY dan Ani Yudhoyono Nyoblos di Singapura Hari IniSBY menemani istrinya Ani Yudhoyono yang dirawat di National University Hospital Singapura karena penyakit kanker darah. (Screenshot via Twitter/@AgusYudhoyono)
Andi mengatakan Ani bakal mencoblos di dalam ruang perawatan mengingat kondisinya yang tengah terbaring sakit.

"Ibu Ani akan mencoblos di ruangan perawatan," katanya.


Andi membeberkan Panitia Pemilihan Luar Negeri bakal datang ke National University Hospital sekitar pukul 14.30 waktu setempat. Andi berkata, kedatangan PPLN bersama dengan petugas TPS.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan pemilu di luar negeri dilakukan lebih awal, yakni pada 8-14 April 2019. Ada tiga metode pemungutan suara di luar negeri, yakni memilih di TPS yang ada di KBRI/KJRI/KDRI; kotak suara keliling; dan metode pos.

Meski lebih awal, penghitungan suara tetap dilakukan pada 17 April 2019.

(jps/pmg)