Panduan Lengkap Cara Memilih di Pemilu 2019

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 07:09 WIB
Panduan Lengkap Cara Memilih di Pemilu 2019 Ilustrasi pemilu 2019. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan berlangsung serempak di seluruh Indonesia hari ini, Rabu (17/4). Masyarakat Indonesia akan memilih mulai dari pasangan Capres-Cawapres, anggota DPR, DPD, hingga DPRD.

Pemilu kali ini juga menandai kali pertama pileg dan pilpres digelar dalam waktu bersamaan.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui sebagai calon pemilih:


Waktu Pendaftaran dan Pencoblosan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau seluruh pemilih untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) seawal mungkin.

KPU menetapkan waktu pendaftaran dan pemungutan suara akan dibuka mulai pukul 07.00 hingga 13.00 di seluruh TPS.

Meski begitu, Ketua KPU Arief Budiman sebelumnya mengatakan pemilih masih diperbolehkan mencoblos setelah pukul 13.00 di daerah masing-masing. Berdasarkan aturan, pukul 13.00 adalah batas pemilih mendaftar TPS, bukan batas akhir mencoblos.

Artinya semua warga masih tetap bisa menyoblos dengan catatan sudah mendaftar di TPS sebelum pukul 13.00.




Berkas yang Harus Dibawa

Sebelum pergi ke TPS untuk memilih di Pemilu 2019, jangan lupa untuk membawa seluruh berkas dan persyaratan yang diperlukan untuk mencoblos.

Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos menyatakan masyarakat yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa membawa satu dari dua pilihan identitas, yakni C6 dan e-KTP, paspor, kartu keluarga, atau SIM.

Betty menyampaikan pemilih masih boleh menggunakan hak suaranya jika tidak membawa C6. Asalkan mereka tetap membawa sejumlah identitas, seperti e-KTP.


Cek Status DPT

Masyarakat bisa mengecek ketersediaan nama mereka dalam Daftar pemilih Tetap (DPT) di situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Melalui situs itu, calon pemilih dapat memeriksa apakah nama mereka sudah terdaftar hingga tempat pencoblosan.

Pengunjung situs cukup membuka beranda dan memasukkan nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke dua kolom yang tersedia. Setelah itu, tinggal klik tombol 'cari'.
Daftar Pemilih Tambahan

Bagi masyarakat yang termasuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) harus membawa surat A5 yang sebelumnya sudah diurus di TPS asal.

DPTb ialah pemilih yang melakukan pindah memilih dari TPS asal ke TPS tujuan.

Bagi DPTb pasti diberikan surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

Namun, DPTb baru akan mendapat surat suara calon legislatif jika lokasi TPS sama dengan daerah pemilihan yang sama.

Daftar Pemilih Khusus

Bagi pemilih yang masuk Daftar Pemilih Khusus (DPK) di Pemilu 2019 harus datang membawa e-KTP atau suket pengganti e-KTP sesuai dengan alamat TPS. Waktu yang diberikan hanya sejam sebelum pendaftaran ditutup yakni dari pukul 12.00 hingga 13.00.



Warna Surat Suara

Selain syarat, para pemilih juga harus memahami lima surat suara yang akan dicoblos dalam pemilu 2019.

Lima surat suara itu mencakup pasangan calon presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD.

Masing-masing kertas surat suara tersebut turut ditandai dengan warna yang berbeda-beda yakni abu-abu, kuning, biru, hijau, dan merah. Hal itu bertujuan untuk memudahkan para pemilih dalam mengidentifikasi jenis kertas suara.

Foto: CNN Indonesia/Fajrian


Surat Suara Sah

Tak hanya memahami jenis surat suara, para pemilih juga harus mengenali mana surat suara yang sah dan tidak sah.

Surat suara sah harus ditandatangani oleh ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebelum dicoblos pemilih. Masing-masih pemilih juga hanya diperbolehkan mencoblos satu kali pada masing-masing surat suara.



Hasil Pemilu 2019

Sejumlah lembaga survei akan mengadakan quick count atau hitung cepat untuk mengetahui hasil Pemilu 2019. Anda bisa memantau hasil quick count ini lewat situs CNNIndonesia.com mulai pukul 15.00 WIB, sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi yang menetapkan bahwa hasil hitung cepat baru bisa disiarkan dua jam setelah pendaftaran ditutup di Indonesia Bagian Barat. 

Selain quick count, CNNIndonesia.com juga akan menyajikan momen-momen pantauan pemilu lewat Live Report. Cek lini masa-nya di tautan berikut.


(rds/vws)