Panwaslu Buka Suara Kasus Surat Suara Tercoblos di Surabaya

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 18:01 WIB
Panwaslu Buka Suara Kasus Surat Suara Tercoblos di Surabaya Panwaslu TPS di Surabaya menyebut kasus video viral surat suara yang diduga tercoblos merupakan insiden dan di luar kolom gambar kedua paslon. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) TPS 12 Kalimas Madya I, Pabean Cantian, Surabaya menyebut bahwa kasus surat suara Pilpres 2019 diduga tercoblos yang viral di media sosial hanyalah terlubangi.

Sebuah video sebelumnya viral di media sosial menampilkan wanita berbaju putih dengan emosi menunjukkan serangkaian surat suara yang diduga telah dicoblos. Pihak Badan Pengawas Pemilu pun langsung mengusut kasus yang terjadi di TPS 12 tersebut.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat, Hasanudin mengatakan pihaknya langsung ke lokasi begitu mendapatkan laporan dan telah memeriksa serangkaian surat suara yang dipermasalahkan.


Hasan menyebut sejumlah surat suara tersebut bukan tercoblos, melainkan hanya terlubangi, di bagian atas surat suara. Lubang tidak terletak di bagian foto pasangan calon yang dihitung menjadi suara.


"Setelah kami cek, memang kami menemukan kertas itu sudah berlubang, namun tidak di foto paslon," kata Hasanudin, saat ditemui di TPS 12.

Hasanudin menyebut ada lima surat suara yang memiliki kondisi berlubang tersebut.

"Lubang yang sama ada di dua lembar, ada juga di tiga lembar surat suara lain, tapi lubangnya lebih kecil seperti di tusuk jarum," kata Hasan.

Hasan menyebut pihaknya masih menelusuri sumber lubang tersebut. Banwaslu, kata Hasan, juga akan melakukan investigasi temuan ini.



Di sisi lain, Ketua PPK Pabean Cantian, Surabaya, Solihin Isdiyanto mengaku pihaknya telah mengklarifikasi hal tersebut begitu viral di media sosial.

"Kami sebagai penyelenggara ditingkat kecamatan, langsung kroscek setelah ada viral itu. Karena ini berkaitan dengan hajat negara," kata Solihin.

"Itu hanya teknis saja, kami pastikan. Situasi aman, tidak sampai mengganggu jalannya pelaksanaan," lanjutnya.

Sementara itu, sosok wanita berhijab yang ada dalam video yang viral, Anisa Bachsin mengaku ekspresi emosi darinya merupakan refleks. Salah satu petugas PPS itu mengaku terkejut saat menemukan ada lubang di beberapa suara Pilpres 2019 yang mestinya ia serahkan ke pemilih.


"Saya kaget saja, kok ada lubang, biasanya enggak ada soalnya. Sebelumnya enggak ada yang seperti ini, saya beberapa kali jadi panitia," kata Anisah.

Anisah mengaku tak menyadari bahwa ia terekam kamera saat dirinya menunjukkan surat suara tersebut. Ia pun tak menyangka bila viral di media sosial.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi TPS 12 Kalimas Madya I, penghitungan suara berjalan lancar dengan hasil menunjukkan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin mendapatkan 9 suara dan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno mendulang 185 suara.

[Gambas:Video CNN] (frd/end)