LSI Denny JA Bingung Jokowi Masih Kalah Dari Prabowo di Jabar

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 22:31 WIB
LSI Denny JA Bingung Jokowi Masih Kalah Dari Prabowo di Jabar Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi). (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) lagi-lagi takluk dari pesaingnya, nomor urut 02 Prabowo Subianto, di Jawa Barat. Hal ini mengulang peristiwa lima tahun lalu saat keduanya bersaing dalam pemilihan presiden.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Fitri Hari, menyatakan mereka juga belum bisa memastikan apa yang menyebabkan Jokowi tidak bisa menyaingi Prabowo di Jawa Barat. Pada Pilpres 2014 silam, Jokowi maju bersama Jusuf Kalla dan Prabowo bersama Hatta Rajasa.
"Kami belum bisa menemukan faktor apa yang menyebabkan kekalahan, ini perlu pendalaman lagi," tutur Fitri Hari sebagai Peneliti LSI Denny JA, Rabu (17/4).

Fitri memperkirakan kondisi ini terjadi karena basis pemilih Jokowi dan Prabowo sekarang masih sama dengan lima tahun lalu.


"Perlu survei lagi apakah karena Prabowo di Jawa Barat dianggap tegas atau gimana. Saya simpulkan ini harus ada pembuktian," terang dia.

Tak hanya kejadian di Jawa Barat yang terulang, tapi juga di Jawa Tengah. Prabowo kembali kalah telak dari Jokowi di provinsi tersebut.
Catatan LSI Denny JA menunjukkan Prabowo hanya meraih suara 22,9 persen. Sementara, suara untuk Jokowi tembus 77,1 persen.

"Kalau dilihat basis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan/PDIP (pengusung Jokowi) memang di Jawa Tengah, jadi efek partai bekerja di sini," ujar Fitri.

Terlebih, Jokowi lahir di Solo, salah satu kota yang terletak di Jawa Tengah. Tak heran, kemenangan didapatkan Jokowi dengan mudah.

"Jawa Tengah memang milik Jokowi. Terbukti hasil quick count sekarang dan 2014 lalu," jelas Fitri.

[Gambas:Video CNN]

Secara keseluruhan, hasil quick count LSI Denny JA mencatat Jokowi-Ma'ruf unggul dengan raihan suara 55,44 persen. Sementara, sisanya atau 44,56 persen suara didapatkan kubu Prabowo-Sandiaga. (aud/ayp)