Panglima TNI: Kopassus Bagaikan Hantu-hantu bagi Musuh Negara

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 10:57 WIB
Panglima TNI: Kopassus Bagaikan Hantu-hantu bagi Musuh Negara Prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut pasukan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) bagaikan hantu-hantu bagi musuh negara. Kopassus, kata dia, tanpa perlu mencari nama telah terkenal seantero penjuru dunia.

"Ingatlah kalian adalah Legenda, tanpa perlu mencari nama. Kalian sudah terkenal seantero penjuru dunia. Kalian bagaikan hantu-hantu bagi musuh negara," kata Hadi dalam sambutannya saat memimpin puncak acara peringatan HUT ke-67 Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (24/4). 

Namun ia mengingatkan bahwa prajurit Kopassus juga manusia biasa sehingga tak boleh takabur. "Jangan lupa untuk selalu berlindung kepada Sang Pencipta dalam setiap langkah menjadi," ujarnya.


Hadi dalam kesempatan itu juga mengingatkan para prajurit Kopassus agar bisa menjaga profesionalisme dalam bekerja. Apalagi, kata dia, saat ini tantangan yang datang semakin besar seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju.

"Tantangan di masa mendatang tidak semakin ringan. Teknologi terus berkembang. Demikian pula dengan taktik dan teknik kemiliteran. Terus tingkatkan profesionalisme kalian," kata Hadi.

Panglima TNI: Kopassus Bagaikan Hantu-hantu bagi Musuh NegaraPanglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Dok. Puspen TNI)



Panglima lulusan Akademi Angkatan Udara 1986 itu juga berharap para prajurit Kopassus bisa meningkatkan kreativitas dan bersikap inovatif dalam setiap tugas yang dia jalankan. Tak hanya itu, Hadi juga ingin agar Kopassus bisa menjadi prajurit dengan level setingkat dengan prajurit internasional.

"Jadilah pasukan khusus yang adaptif dan inovatif dalam berbagai tuntutan tugas. Jadilah Pasukan Khusus yang berkelas dunia," kata dia.

Meski memiliki harapan tinggi, Hadi juga mengingatkan agar prajurit Kopassus bisa tetap rendah hati. Dia juga ingin agar para prajurit Kopassus bisa berbaur dengan masyarakat. "Tetaplah rendah hati dan berjiwa besar, dekat dan menyatu dengan rakyat," kata .


Rangkaian puncak kegiatan HUT ke-67 Kopassus dimeriahkan oleh sejumlah penampilan dari para prajurit. Mereka unjuk kemampuan, dari mulai beladiri, olahraga, hingga seni mempertahankan diri.

Sederet jenderal hadir dalam acara yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB tersebut. Mereka antara lain mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto, mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Mulyono, Hendropriyono, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Sementara itu Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat HUT ke-67 Kopassus melalui video berdurasi 51 detik yang diputar dalam acara tersebut.


(tst/ain)