Tak Acuh Petisi untuk Dipecat, Bara Ingin Jaga Akal Sehat PAN

CNN Indonesia | Senin, 29/04/2019 16:06 WIB
Tak Acuh Petisi untuk Dipecat, Bara Ingin Jaga Akal Sehat PAN Waketum PAN klaim ingin selamatkan partainya usai Pilpres 2019 usai. (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan tak mau ambil pusing terkait permintaan sejumlah kader partai yang memintanya mundur. Bara menilai perbedaan sikap yang ia ambil merupakan bentuk untuk menjaga akal sehat partai usai pilpres 2019.

"Saya merasa apa yang saya lakukan selama ini benar, karena itu adalah demi akal sehat, demi kebajikan, demi kepatutan, demi kewajaran yang harus betul-betul kita kokohkan di dalam PAN," ujar Bara saat ditemui di sebuah diskusi di bilangan Guntur, Jakarta Selatan, Senin (29/4).

Pria yang mengklaim ikut mendirikan PAN ini justru menuduh kader-kader yang memintanya dipecat itu mempelajari kembali sejarah pendirian PAN. Bara menganggap tudingan-tudingan yang diarahkan padanya tak relevan selama tak berbasis sejarah kepartaian itu sendiri.


"Jadi saya meminta kepada mereka yang meminta saya untuk dipecat untuk belajar dulu sejarah. Mereka harus memahami kenapa partai ini didirikan," ucapnya.


Terkait desakan sejumlah kader yang memintanya dipecat, Bara mengaku sampai saat ini belum mendapat pemanggilan apa pun dari partai. Sebaliknya, ia mengaku sangat dekat dengan Ketua Umum Zulkifli Hasan.

Namun Bara enggan menjawab apakah pernyataan dia mengenai PAN berpotensi merapat ke kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin atas sepengetahuan dan restu Zulkifli.

"Saya selalu berkomunikasi dengan Pak Zul, yang jelas saya tidak akan mencelakakan beliau," ucap Bara.


Sebuah petisi sebelumnya muncul di internal DPP PAN yang meminta Bara dipecat dari partai. Mereka menilai tindak-tanduk Bara selama ini bertentangan dengan garis kebijakan partai yang mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Setidaknya petisi tersebut berisi tanda tangan 100 pengurus partai.

[Gambas:Video CNN] (bin/DAL)