Dana Kampanye Demokrat Rp190 M, SBY Penyumbang Terbesar

CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 03:26 WIB
Dana Kampanye Demokrat Rp190 M, SBY Penyumbang Terbesar Ketua Umum Partai Demokrat SBY disebut menyumbang sebagian besar dana kampanye partainya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menyebut partainya menghabiskan Rp190 miliar untuk kampanye pada Pemilu 2019.

Hinca menyebut dana tersebut tak terlalu besar dibandingkan dana yang dihabiskan Demokrat pada Pemilu 2014 sebesar Rp309 miliar.

"Biaya yang kami keluarkan untuk kampanye kami yaitu totalnya Rp190 miliar," ujar Hinca saat ditemui usai menyerahkan Laporan Dana Penerimaan dan Pengeluaran Kampanye (LPPDK) ke KPU di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (2/5).


Dana tersebut, kata Hinca, sebagian besar dari caleg. Caleg Demokrat menyumbang sejumlah Rp180 miliar, sedangkan sisanya berasal dari dana awal partai dan sumbangan perseorangan.

Hinca menyebut sumbangan terbesar berasal dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

"Salah satu sumbangan terbesar itu dari Pak SBY sendiri, Rp2,485 miliar. Juga ada dari Ibu Ani sekitar Rp1 miliar, sisanya perorangan," tuturnya.

Hinca menyebut dengan dana yang dikeluarkan, Demokrat merasa sesuai dengan pencapaian suara di Pemilu 2019. Ia mengakui suara Demokrat menurun dari 2014, tapi sesuai dengan dana yang dikeluarkan.

"Kalau dilihat dengan hasil ini dengan anggaran kami untuk hasil itu, saya kira signifikanlah. Karena ini angka yang sangat sederhana dan tidak terlalu besar dibandingkan yang lalu. Karena iklan kami di televisi pun sangat kecil dan secukupnya saja," ucap dia.

[Gambas:Video CNN] (dhf/arh)