Amien Rais soal PAN Rapat ke Jokowi: Saya Jamin Omong Kosong

CNN Indonesia | Sabtu, 04/05/2019 15:05 WIB
Amien Rais soal PAN Rapat ke Jokowi: Saya Jamin Omong Kosong Politikus PAN Amien Rais. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PANAmien Rais mengatakan isu merapatnya PAN ke kubu Jokowi Widodo tak lebih dari sebuah omong kosong.

"Itu omong kosong sama sekali, saya jamin omong kosong, tidak mungkin," kata Amien di Seknas BPN Prabowo-Sandi, Menteng, Sabtu (4/5).

Isu PAN bakal merapat ke koalisi pendukung Jokowi muncul setelah Ketua PAN Zulkifli Hasan bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Rabu (24/4) lalu.


Zulhas datang saat acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Murad Ismail dan Barnabas Orno.

Zulhas adalah pendukung Prabowo-Sandi. Ketua MPR itu juga menjabat sebagai ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Amien menjelaskan pertemuan antara Zulhas dengan Jokowi dilakukan dalam kapasitas Zulkifli sebagai Ketua MPR sekaligus Ketua Umum DPP PAN.

Apalagi, sambung Amien, pertemuan itu terjadi usai Jokowi melantik Gubernur Maluku Murad Ismail.

"Pak Zul itu datang ke istana itu sebagai ketua MPR dan ketua umum DPP PAN karena Murad Ismail itu kita dukung jadi masuk akal," tuturnya.

Karenanya, Amien menilai pertemuan itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan Jokowi, termasuk soal sinyal PAN akan merapat ke kubu pasangan 01.

"Enggak ada urusan dengan Jokowi tetek bengek tidak ada," ujar Amien.

Pandangan Amien Rais itu berbeda dengan Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan. Bara usai pertemuan Zulhas dan Jokowi menyatakan bahwa PAN membuka opsi untuk keluar dari koalisi pendukung Prabowo-Sandiaga.

Sementara itu politikus PAN Bima Arya juga mengaku ada perbedaan pendapat di antara pengurus PAN soal posisi politik partai. Perbedaan itu tecermin di grup WhatsApp pengurus partai.

Kata Bima, ada pengurus yang ingin PAN tetap mendukung Prabowo-Sandi. Ada juga yang ingin PAN membuka berbagai kemungkinan lain. (dis/wis)