Sebelum Hoaks Diakui, Saksi Sebut Fadli Datang ke Rumah Ratna

CNN Indonesia | Selasa, 07/05/2019 17:11 WIB
Sebelum Hoaks Diakui, Saksi Sebut Fadli Datang ke Rumah Ratna Wakil Ketua DPR Fadli Zon sempat mengunggah fotonya bersama Ratna yang masih tampak lebam di akun Twitter-nya. (Screenshot via Twitter/@fadlizon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Staf Ratna Sarumpaet, Cahaya Nainggolan, mengaku mendapat informasi bahwa Wakil Ketua DPR Fadli Zon sempat datang ke rumah Ratna sebelum ada pengakuan soal hoaks tersebut kepada publik, pada 3 Oktober 2018.

Cahaya saat itu menjadi saksi fakta untuk Ratna di sidang lanjutan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/5).

Awalnya, jaksa menanyakan kepada Cahaya apakah dirinya berada di rumah Ratna dari tanggal 25 September hingga 3 Oktober atau sebelum konferensi pers dilakukan. Cahaya mengaku tidak ke mana-mana saat itu.


Selanjutnya, jaksa bertanya apakah Fadli Zon sempat mampir ke kediaman Ratna. Cahaya pun menjawab dia mendengar informasi jika Fadli sempat datang menemui Ratna.

"Saya tidak tahu karena saya pulang itu jam 18.00 WIB. Saya tahu dari karyawan di sana saja, semalam Pak Fadli Zon datang, tapi saya tidak melihat. Saya tidak tahu," ujarnya.

Sebelum Hoaks Diakui, Saksi Sebut Fadli Datang ke Rumah RatnaFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
Selain Fadli, Cahaya mengaku mendapat informasi bahwa Presiden KSPI Said Iqbal juga datang menemui Ratna.

"Yang saya dengar ada Pak Saiq Iqbal juga tapi saya tidak melihat, yang pertama Pak Said Iqbal dulu baru Fadli Zon," tuturnya.

Dalam konferensi pers di kediamannya, Jalan Kampung Melayu Kecil, Jakarta, Rabu (3/10/2018), Ratna mengakui bahwa kabar penganiayaannya hanya kebohongan. Ia juga mengaku sebagai pencipta hoaks terbaik.

Pada sidang sebelumnya, saksi ahli dari JPU Saksi Ahli Forensik Digital Saji Purwanto sempat membeberkan isi pesan singkat antara Ratna dan Fadli serta Said Iqbal.

Data percakapan yang terjalin itu pun ditampilkan di dalam ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (25/4).

Awalnya, Ratna mengirimkan foto dirinya dengan wajah yang tampak lebam serta diiringi keterangan foto 'Off The Record 21 September malam Bandara Bandung'. Ratna juga mengirimkan pesan berbunyi 08 harus tahu kasus apa yang mengancam saya itu.

Presiden KSPI Said Iqbal juga disebut mengunjungai rumah Ratna sebelum konferensi pers pengakuan Ratna digelar.Presiden KSPI Said Iqbal juga disebut mengunjungai rumah Ratna sebelum konferensi pers pengakuan Ratna digelar. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Fadli pun membalas pesan singkat Ratna dengan menanyakan siapa orang yang ada dalam foto tersebut. Ratna membalasnya dengan menyebutkan itu adalah dirinya.

Selanjutnya, Ratna juga bertanya kepada Fadli jam berapa akan ke rumahnya. "Saya OTW dari DPR," kata Fadli.

Sementara itu, Ratna juga menghubungi Presiden KSPI Said Iqbal dengan mengirimkan foto wajah dirinya yang mirip seperti lebam.

"Segera ya Iqbal paling lambat tanggal 4 sebelum kk berangkat ke Chile," ujar Ratna dalam pesan singkat tersebut.

[Gambas:Video CNN] (gst/arh)