Soal Netralitas ASN, UIN Suska Sebut Sulit Kontak Abdul Somad

CNN Indonesia | Rabu, 08/05/2019 16:23 WIB
Soal Netralitas ASN, UIN Suska Sebut Sulit Kontak Abdul Somad Ustaz Abdul Somad. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Pekanbaru, CNN Indonesia -- Universitas Islam Negeri Syarif Kasim (UIN Suska) Riau mengaku kesulitan menghubungi staf pengajarnya, Ustaz Abdul Somad, untuk mengklarifikasi netralitas Somad selaku Aparatur Sipil Negara (ASN).

Rektor UIN Suska Akhmad Mujahidin mengatakan sudah berusaha menghubungi Somad, namun belum mendapat respons dari yang bersangkutan.

"Sudah kami panggil. Kami kirim pesan lewat WhatsApp juga tak jawab, ditelepon juga tak mengangkat. Jadi lost contact, sehingga kami sulit melakukan klarifikasi," kata Akhmad, Rabu (8/5).


Akhmad menduga kesulitan itu karena Somad sedang menempuh pendidikan doktoral di Sudan.

"Memang secara administrasi beliau itu sedang S3 di Sudan. Mungkin karena sedang studi itu beliau tak bisa dikontak, mungkin karena sedang di luar negeri, WhatsApp-nya tidak aktif atau bagaimana kita tak tahu," ujar dia.

Sebelumnya, UIN Suska mendapat surat dari Komisi Aparatur Sipil Negara dengan nomor surat B-1224/KASN/4/2019. Surat itu berisi sejumlah hal, salah satunya permintaan klarifikasi mengenai pertemuan Abdul Somad dengan calon presiden Prabowo Subianto. 

Pertemuan Somad dan Prabowo terjadi hanya beberapa hari sebelum pencoblosan. Pertemuan itu pertama kali disiarkan secara eksklusif oleh salah satu stasiun televisi, sebelum akhirnya beredar viral di media sosial. 

Dalam pertemuan itu Somad memberi banyak wejangan dan menekankan pentingnya bagi pemimpin berlaku adil.

Prabowo mendengar seksama apa yang disampaikan oleh Somad. Dia pun dititipi tasbih dari Persia. Lewat tasbih tersebut Somad berharap Prabowo senantiasa berzikir mengingat sang pencipta.

Pada akhir sesi pertemuan, Somad pun mendoakan Prabowo agar menjadi pemimpin amanah. (bay/wis)