Jokowi Bakal Teken Tambahan 100 Perwira Tinggi TNI

CNN Indonesia | Kamis, 16/05/2019 19:39 WIB
Jokowi Bakal Teken Tambahan 100 Perwira Tinggi TNI Presiden Jokowi saat berbuka bersama TNI-Polri. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah terus meningkatkan kapasitas TNI dan Polri dalam menjalankan tugasnya. Ia menyebut dalam waktu dekat dirinya akan menandatangani aturan penambahan jabatan bagi 100 perwira tinggi (Pati) TNI.

"Sebentar lagi akan saya tanda tangani penambahan jabatan perwira tinggi TNI, yang nanti akan ada tambahan jumlahnya kurang lebih 100 lagi perwira tinggi TNI," kata Jokowi saat buka puasa bersama di lapangan Monas, Jakarta, Kamis (16/5).

Menurut Jokowi, aturan tersebut saat ini masih di Kementerian Pertahanan. Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan kemungkinan pekan depan aturan tersebut sudah berada di mejanya.

"Tapi akan kita kaji terus dan ke depan juga akan ada kita buka lagi ruang-ruang untuk tambahan perwira tinggi TNI," ujarnya.


Jokowi mengatakan pemerintah juga terus memperhatikan kesejahteraan prajurit TNI dan Polri. Mantan wali kota Sola itu menyatakan pada tahun lalu tunjangan kinerja dan anggaran operasional Babinsa sudah naik.

Kemudian, lanjut Jokowi, pada tahun ini gaji prajurit TNI dan Polri juga naik sebesar 5 persen. Menurutnya, kenaikan gaji baru sekitar 5 persen karena ekonomi diharapkan meningkat secara tajam masih terkendala penurunan pertumbuhan ekonomi global.

Lebih lanjut, Jokowi mengaku sudah menandatangani pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi prajurit TNI dan Polri serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). Menurutnya, THR tersebut akan diterima paling lambat pada akhir bulan ini.

"Jadi sekali lagi THR Insyallah dapat diterima akhir Mei dan gaji ke-13 akan diterima di bulan Juli nanti," ujar calon presiden petahana itu.
[Gambas:Video CNN] (fra/gil)