Polisi Pastikan Situasi Jakarta Terpantau Kondusif Malam Ini

CNN Indonesia | Selasa, 21/05/2019 20:22 WIB
Polisi memastikan sampai saat ini situasi di Jakarta dan sekitarnya terpantau kondusif, di mana aksi massa masih berlangsung di depan Bawaslu RI. Personel TNI-Polri dari berbagai kesatuan disebar ke sejumlah titik dan objek vital di Jakarta guna membantu pengamanan Ibu Kota menyikapi pengumuman hasil Pemilu 2019 (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi memastikan sampai saat ini situasi di Jakarta dan sekitarnya terpantau kondusif hingga Selasa malam (21/5). Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menuturkan personel gabungan TNI-Polri akan terus melakukan pengamanan guna menjaga situasi keamanan masyarakat pascapengumuman hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2019.

"Aparat TNI-Polri menjamin keamanan di wilayah Jakarta dan sekitarnya," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa.

"Untuk kondisi secara nasional untuk hari ini Alhamdulillah sangat kondusif," ujarnya.


Dengan jaminan keamanan itu, kata Dedi, pihak kepolisian pun mengimbau masyarakat untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasanya.

"Kita imbau masyarakat untuk bisa melakukan aktivitasnya seperti biasa," ujar dia.


Unjuk rasa di depan kantor Bawaslu RI masih berlangsung. Saat ini ribuan peserta sedang melaksanakan salat tarawih berjemaah dengan titik konsentrasi di persilangan Jalan MH Thamrin-Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Sementara itu polisi masih bersiaga di sekitar kantor Bawaslu.

Kendati demikian, selama massa salat seperti sekarang, personel yang terdiri dari satuan Sabhara dan Brimob terpantau mengendurkan penjagaannya.

Ruas Jalan Thamrin pun hingga saat ini masih ditutup oleh aparat. Mereka berjanji jalan bakal dibuka kembali setelah massa membubarkan diri.

"Nanti kita buka lagi kalau aksi sudah selesai," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat ditemui di depan kantor Bawaslu.

Sebelumnya kepolisian menoleransi aksi yang berlangsung di depan Bawaslu ini dapat terus berjalan hingga salat tarawih saja.


Tak Ada Massa Aksi, Situasi di Dekat KPU Lancar

Sementara itu di kawasan sekitar kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, situasi lalu lintas terpantau lancar dan tak ada massa aksi.

Salah satunya, Jalan HOS Cokroaminoto yang bersimpangan dengan Jalan Imam Bonjol--letak kantor KPU. Sejak pukul 18.51 WIB, situasi Jalan HOS Cokroaminoto di kedua arahnya terpantau lancar.

Meski tak ada massa aksi, petugas kepolisian masih tetap berjaga di belakang pagar duri dan beton yang dipasang di Jalan Imam Bonjol arah KPU.

Sementara itu, di Jalan Imam Bonjol ke arah Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, dan sebaliknya terpantau lancar. Hanya terlihat kendaraan pribadi yang berlalu lalang sejak sore tadi.

[Gambas:Video CNN] (sah,gst,bin/kid)