Anies: Kondisi Jakarta Secara Umum Seperti Keseharian

CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 11:13 WIB
Anies: Kondisi Jakarta Secara Umum Seperti Keseharian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat tidak terpengaruh Aksi 22 Mei dan beraktivitas seperti biasa. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat tidak terpengaruh Aksi 22 Mei. Ia mengklaim situasi di DKI Jakarta masih kondusif. Karena itu, Anies meminta warga beraktivitas seperti biasa.

"Bahwa Jakarta secara umum kondisinya adalah kondisi seperti keseharian. Di sekitar Jalan Thamrin, Tanah Abang, kemudian Petamburan memang di situ terjadi konflik kekerasan, kita semua tahu. Tapi di luar itu, Jakarta baik-baik saja," kata Anies di RSUD Tarakan, Rabu (22/5).

"Karena itu, saya mengimbau kepada seluruh warga untuk tetap berkegiatan seperti biasa," lanjut Anies.


Anies juga memastikan dirinya bertugas seperti biasa di Balai Kota. Ia memastikan pemerintah yang menyediakan pelayanan pun masih buka seperti biasanya.


"Semua pelayanan beroperasi seperti biasa. Bahkan kantor kita di Jati Baru, Tanah Abang, beroperasi seperti biasa tidak ada bedanya," kata Anies.

Setidaknya ada enam yang dinyatakan meninggal dunia dan ratusan orang luka-luka dalam 22 Mei. Para korban dirawat di sejumlah rumah sakit mulai dari RS Tarakan, RS Pelni, RS Budi Kemuliaan dan RS TNI AL Mintoharjo.

"Korban sejauh ini ada 6 korban meninggal. Di RS Tarakan ada 2. Kemudian di Pelni. Dan di RS Budi Kemuliaan RSCM dan di RS AL Buntoharjo," kata Anies.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti mengatakan ada satu korban di RS Pelni, 2 korban di Budi Kemuliaan, 1 korban di Bintoharjo dan 1 korban di RSCM.

"Jadi saat ini semua tim siaga seperti saya sampaikan kemarin ada 37 titik dilakukan di lapangan kemudian ada 10 RS rujukan tetapi semua RS siaga," jelas Dian.

Selain itu, sekitar 200 orang mengalami luka-luka dan dilarikan ke sejumlah rumah sakit. Pihak runah sakit juga mengerahkan ambulans di titik-titik kerusuhan dan membawa korban langsung ke rumah sakit jika dibutuhkan.

"Jadi kira-kira ada sekitar 200-an orang luka-luka per jam 9 ini dan ada sekitar 6 orang yang sudah tercatat meninggal," tutup dia.


[Gambas:Video CNN] (ctr/pmg)