Pasar Tanah Abang Masih Ditutup, Pedagang Kembali Pulang

CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 09:31 WIB
Pasar Tanah Abang Masih Ditutup, Pedagang Kembali Pulang Blok A Tanah Abang masih tutup usai kericuhan 22 Mei, Kamis (23/5) pagi. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan perdagangan terbesar di Asia Tenggara, Pasar Tanah Abang, terlihat masih tutup menyusul kerusuhan aksi 22 Mei.

Berdasarkan pengamatan CNNIndonesia.com, bangunan utama di Pasar Tanah Abang seperti di Blok A hingga Blok G dan Metro Tanah Abang masih tampak tutup total.

Khusus di Blok A sendiri, tampak ada selebaran pengumuman dari pihak manajemen yang menyatakan pasar itu tetap tutup sampai situasi keamanan kondusif. Selebaran itu di tempel di area dinding sekitar Blok A.


"Mohon maaf, Gedung Blok A Tanah Abang tutup, akan dibuka kembali setelah situasi dan kondisi keamanan kondusif," tulis selebaran pengumuman itu.

Tampak pula puluhan penjaga toko di Pasar Blok A Tanah Abang berkumpul di sekitar area gedung. Mereka masih menunggu kepastian dari manajemen kapan Blok A bisa dibuka kembali.

Pengumuman manajamen Pasar Tanah Abang soal penutupan sementara.Pengumuman manajamen Pasar Tanah Abang soal penutupan sementara. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
"Saya kira hari ini udah mulai dibuka, karena kan kemarin demonya udah selesai, ternyata masih ditutup, ya sudah," kata Arip, salah satu karyawan salah satu kios pakaian di Blok A.

Petugas keamanan yang berjaga di sekitar gedung Blok A itu lantas meminta para karyawan dan pemilik kios di Blok A untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Lebih lanjut, Petugas itu belum memastikan kapan Blok A dan Blok B Pasar Tanah kembali dibuka normal seperti sedia kala.

"Ini sengaja ditutup sama pihak manajemennya memang, karena belum kondusif, kita juga enggak tahu sampai kapan ini dibukanya," kata dia.

Tampak pula petugas keamanan gedung dikerahkan untuk mengamankan Pasar Tanah Abang Blok A hingga Blok B. Selain itu, tampak pula beberapa anggota Polisi dan TNI yang berjaga di seputaran Tanah Abang.

Sementara itu, lalu lintas di sekitar Pasar Tanah Abang sudah mulai kembali normal dan kondusif menyusul kericuhan kemarin. Terlihat Jalan Kiai Haji Mas Masyur uang melintasi Blok A dan Blok B sudah dilewati kendaraan bermotor di kedua arah.

Sejumlah karyawan dan pemilik kios yang tak bisa masuk kerja karena penutupan pasar.Sejumlah karyawan dan pemilik kios yang tak bisa masuk kerja karena penutupan pasar. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Sementara itu, Jalan Wahid Hasyim yang melintas di depan Gedung Metro Tanah Abang sudah kembali normal di kedua arahnya.

Kerusuhan dalam aksi 22 Mei terjadi usai demonstran enggan membubarkan diri setelah waktu unjuk rasa berakhir di sejumlah titik. Aparat mencoba membubarkannya lewat negosiasi, namun itu gagal. Pelemparan batu terjadi dari massa. Aparat membubarkannya dengan menembakkan gas air mata.

Kamis (23/5) pagi, situasi di beberapa lokasi bekas demonstrasi mulai kondusif.

[Gambas:Video CNN] (rzr/arh)