Antisipasi Aksi Susulan, Bawaslu Masih Dipagari Kawat Berduri

Antara, CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 21:35 WIB
Antisipasi Aksi Susulan, Bawaslu Masih Dipagari Kawat Berduri Gedung Bawaslu di Jalan MH Thamrin, lokasi kerusuhan Aksi 21 dan 22 Mei 2019. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aparat Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengganti kawat berduri di depan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kamis (23/5). Peremajaan kawat dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan aksi yang bakal kembali digelar Jumat (24/5).

Pantauan di lapangan aparat saling bekerja sama memasukkan pagar berduri lama, yang rusak akibat aksi 21-22 Mei, ke dalam mobil barrier yang telah disiagakan. Pagar berduri satu barrier tersebut diganti untuk pengamanan di sekitar Jalan Thamrin, terutama di gedung Bawaslu.

Sejumlah aparat dari berbagai satuan juga masih melakukan apel kesiapan pengamanan di kawasan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.


Sebelumnya, Selasa (21/5) sejumlah massa aksi juga sempat berusaha merusak pagar berduri di depan pintu Bawaslu sekitar pukul 22.35 WIB. Hingga kini kondisi di kawasan Jalan Thamrin terpantau aman dan kondusif, namun aparat keamanan masih terus berjaga-jaga.


Sementara itu, polisi menyebut penutupan Jalan MH Thamrin dilakukan hingga dua hari mendatang atau Sabtu (25/5). Jalan MH Thamrin memang menjadi satu titik kericuhan pascademo dalam demo 21-22 Mei 2019.

"Sabtu paling cepat dibuka kembali karena dikhawatirkan masih ada aksi susulan, apalagi besok katanya akan ada aksi di depan Mahkamah Konstitusi (MK)," ujar polisi lalu lintas yang berjaga, Muhadi.

Terpantau kondisi sekitar jalan protokol tersebut kondusif dan tidak tampak tanda-tanda aksi unjuk rasa lanjutan. Aparat kepolisian dan TNI yang berjaga di depan Hotel Sari Pacific mulai merapikan letak peralatan antihuru-hara seperti tameng, tongkat pemukul, dan helm.


Sejumlah personel ada juga yang bertepuk tangan dan menyanyikan yel-yel penuh semangat. Sementara, restoran ayam goreng cepat saji di pusat perbelanjaan Sarinah tampak sudah kembali dibuka.

Aktivitas jual-beli di dalam restoran tersebut terlihat kembali normal. Selain Jalan MH Thamrin, jalan di sepanjang Imam Bonjol juga masih ditutup.

Penutupan Jalan Imam Bonjol dilakukan dari Gedung KPU sampai Graha Mandiri. Sejumlah kendaraan taktis seperti mobil barracuda dan meriam air terparkir di ruas jalan.


[Gambas:Video CNN] (ain)