Jalan Thamrin Masih Ditutup, Bawaslu Terus Dijaga Ketat

CNN Indonesia | Senin, 27/05/2019 09:51 WIB
Jalan Thamrin Masih Ditutup, Bawaslu Terus Dijaga Ketat Jalan di depan Bawaslu masih belum dilintasi usai kerusuhan pekan lalu. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Awal pekan ini situasi di sekitar Gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat terpantau kondusif.

Meski begitu, pascakerusuhan 22 Mei lalu, jalan di depan kantor Bawaslu masih ditutup menggunakan separator beton dan kawat berduri.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com pada Senin (27/5) pukul 08.08 WIB separator beton yang membentang hanya yang mengarah ke arah Monas dan untuk kawat berduri membentang dari gedung Bawaslu hingga Sarinah.


Terlihat juga beberapa balok beton yang dibentangkan hingga menutupi ruas jalan di depan kantor Bawaslu. Beberapa balok ini disusun dua tingkat.


Sejumlah petugas Brimob tampak masih berjaga di sekitar gedung Bawaslu, di Jl MH Thamrin dan Jl Wahid Hasyim. Beberapa mobil dan bus kepolisian juga masih terparkir di area sekitar Bawaslu.

Akibat penutupan jalan tersebut, kendaraan roda dua maupun roda empat yang ingin menuju ke Bundaran HI dapat melewati Jalan Sunda yang berada di samping mal Sarinah.

Kegiatan perkantoran di Jalan MH Thamrin, Jakarta, juga sudah aktif seperti biasanya. Karyawan mulai berlalu lalang di Jalan MH Thamrin.

Sementara itu, jalan di sekitar Bundaran HI terpantau ramai lancar, terlihat juga beberapa Polisi Lalu Lintas sibuk mengatur jalan.

Kemudian untuk lalu lintas di Jalan Wahid Hasyim-Kiai Haji Mas Masyur terpantau ramai lancar. Baik yang menuju Tanah Abang maupun yang menuju arah Tugu Tani.

Situasi Kondusif, Perkantoran - Lalin Sekitar Thamrin NormalKawat berduri dan pembatas beton masih terpasang di Jalan MH Thamrin di Depan Gedung Bawaslu RI, Senin (27/5). (CNN Indonesia/Shaskya Thalia)


Pengalihan Rute Transjakarta

Selain itu PT Transjakarta pun mengalihkan sejumlah rute, imbas penutupan jalan di depan Bawaslu, Mahkamah Konstitusi, dan KPU. Rute Koridor 1P: Bundaran Senayan-Senen jadi tidak melewati Plang Bus Stop Plaza Indonesia sampai dengan Plang Bus Stop Panti Perwira.

Kemudian Rute 9B: Pinang Ranti-Kota tidak melewati halte Karet Sudirman sampai dengan halte Monas untuk kedua arah dialihkan melewati Koridor 8A dan Koridor 9.

Lalu, rute 4C: Tugas-Bundaran Senayan mengalami pengalihan rute melewati Jl Prof Moch Yamin, dan tidak melewati pemberhantian KPU serta Graha Mandiri. Pun sama dengan Rute 4A: Tugas - Grogol 2.

Rute 5A: Kp Melayu-Grogol Untuk sementara tidak melewati pemberhentian Masjid Jami Matraman sampai dengan halte Monas, Jalur dialihkan melalu Jalur 5C - Grogol1
Jalan Thamrin Masih Ditutup, Aktivitas Sekitar Bawaslu NormalSausana sekitar Bawaslu di Jalan MH Thamrin,Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Shaskya Thalia)

Sementara Rute GR1: Bundaran Senayan-Harmoni sampai saat ini masih mengalami perpendekan rute menjadi Bundaran Senayan-Tosari karena penutupan jalur di sekitar Bawaslu.

Rute 1A: PIK-Balaikota mengalami perpendekan rute menjadi Rute PIK-Harmoni. Rute 6A : Ragunan-Monas via Kuningan mengalami perpendekan rute menjadi Rute Ragunan-Tosari via Semanggi.

Rute 6B: Ragunan-Monas via Semanggi mengalami perpendekan rute menjadi Rute Ragunan-Tosari via Semanggi.

Koridor 2: Harmoni-Pulogadung tidak melewati Halte Monas sampai dengan Halte Gambir2. Jalur dialihkan melewati Pasar Baru - Pejambon - Kwitang - Pulogadung

Koridor 1: Blok M-Kota tidak melewati halte Bundaran HI sampai dengan halte Monas untuk kedua arah dialihkan melewati Koridor 8A dan Koridor 9.

(sas/kid)