Ryamizard dan Menhan AS Bahas Ancaman Terorisme

CNN Indonesia | Kamis, 30/05/2019 11:22 WIB
Ryamizard dan Menhan AS Bahas Ancaman Terorisme Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Penjabat Sementara Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Patrick Michael Shanahan di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (30/5) pagi.

Mereka membicarakan sejumlah hal terkait kerja sama, salah satunya terkait ancaman terorisme.

Usai melakukan upacara penyambutan, keduanya melanjutkan pertemuan dengan membahas kerja sama di sejumlah bidang. Salah satu yang dibahas adalah peningkatan kerja sama Asean Our Eyes yang digagas pemerintah Indonesia untuk bertukar informasi antarnegara dalam menghadapi ancaman terorisme.


Melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, keduanya juga disebut akan membahas kerja sama di bidang pelatihan dan pendidikan, program perdagangan dan pengalihan senjata, perawatan kerangka kapal perang dan jenazah tentara AS di wilayah perairan Indonesia, hingga penyelesaian konflik Laut China Selatan.

Ryamizard berharap kunjungan Shanahan ini dapat meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-AS dan menjaga stabilitas di tingkat regional maupun global.


Semula Shanahan juga dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Namun hal itu urung dilakukan.

Usai melakukan kunjungan di Indonesia, Shanahan akan bertolak ke Singapura untuk menghadiri KTT Shangri-La Dialogue pada Jumat (31/5) besok. Forum ini akan membahas kondisi pertahanan di kawasan Asia.


[Gambas:Video CNN] (psp/osc)