MRT Beroperasi Normal Saat Malam Takbiran dan Idul Fitri

CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 14:42 WIB
MRT Beroperasi Normal Saat Malam Takbiran dan Idul Fitri Rangkaian kereta MRT Jakarta rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia melintas di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Moda Raya Terpadu (MRT) akan beroperasi seperti biasa pada malam takbiran, Selasa (4/6), dan Hari Raya Idul Fitri besok (5/6). Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin mengatakan jam operasional dilakukan mulai pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB.

"Hari Lebaran dan takbiran juga sama. Dari jam 5 pagi-12 malam. Operasinya normal dengan waktu tunggunya 10 menit," kata Kamal kepada CNNIndonesia.com, Selasa (4/6).


Kamal menjelaskan pihaknya tak terlalu mengkhawatirkan keamanan infrastruktur MRT saat takbiran berlangsung. Kendati begitu Kamal mengatakan pihak MRT sudah menugaskan para petugas keamanan untuk memperketat penjagaan.


"Keamanan saja yang kami jaga. Baik dalam stasiun dan sekitar stasiun kami pastikan suasana tetap aman kondusif dan tidak ada gangguan ke MRT Jakarta," ujarnya.

Pada saat Salat Id pengoperasian MRT juga berjalan normal. Kamal mengatakan pihaknya sudah mengatur jadwal pegawai sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu jadwal operasi.

"Salat Id sudah kami atur shifting. Operasional yang pagi hari yang tidak salat dan itu sudah kami rencanakan jauh hari," katanya.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat mempersilakan masyarakat Jakarta untuk melakukan takbiran keliling. Namun, ia meminta agar masyarakat melaporkan rute perjalanan kepada lurah dan Dishub.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menyebutkan sejumlah titik agenda takbiran yang telah dilaporkan masyarakat dan akan mendapat pengawalan dari Dishub.

"Dinas Perhubungan memfasilitasi masyarakat yang akan melakukan takbir keliling di wilayahnya berupa pemanduan dan pengawalan petugas sehingga pelaksanaan nya dapat tertib, aman dan berkeselamatan," kata Sigit.

Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1440 H jatuh pada Rabu (5/6). Meski begitu sejumlah umat Muslim di beberapa wilayah Indonesia telah menjalani salat Id sejak Senin (3/6) dan hari ini.


(ctr/pmg)