Jelang Lebaran 2019, Polisi Kawal Kawasan TMII

CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 21:59 WIB
Jelang Lebaran 2019, Polisi Kawal Kawasan TMII Ilustrasi (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapolsek Cipayung Kompol Darmo mengatakan, saat ini pihaknya telah mengerahkan 17 personil di TMII. Jumlah personel akan ditambah di tempat wisata itu jika sudah dibuka untuk umum. Penambahan personil akan didatangkan dari jajaran Polda dan Polres Jakarta Timur (Jaktim).

Kawasan wisata ini dijaga oleh terdapat dua pos polisi Operasi Ketupat Jaya 2019 yang masing-masing berada di depan pintu masuk TMII dan di sisi pintu masuk Tamini Square. Dua pos itu milik Polsek Cipayung dan Polsek Makasar.

"Pospam TMII tempat wisata ada di Parkir Utara TMII. Jumlah perkuatan saat ini ada 17 (personil) dan nanti saat liburan akan ditambah perkuatan dari Polda & Polres," kata Darmo saat dihubungi, Selasa (4/6). Darmo mengungkapkan hal tersebut dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat jelang dan saat berlibur.


Sementara itu, untuk pengamanan Masjid Agung At-Tin saat salat Id besok, Kapolsek Makasar Jaktim Kompol Lindang Lumban mengatakan kalau pihaknya menugaskan empat anggota untuk berjaga.

"Dari Polsek Makasar 4 personil," ujar Lumban kepada CNNIndonesia.com, Selasa (4/6).
Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menuturkan, pihaknya telah mengerahkan personel dari tingkat Polda hingga Polsek untuk mengamankan masa libur lebaran 2019.

Diketahui, ada sebanyak 6.226 personel yang diterjunkan dalam rangkaian pengamanan Operasi Ketupat Jaya itu.

Selain itu, dikatakan Argo, personel kepolisian juga ditugaskan untuk melakukan pengamanan di berbagai tempat wisata. Di wilayah Jakarta sendiri, antara lain Ancol, Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Kota Tua, dan sebagainya.

"Itu semua objek pengamanan," ujarnya.

Polisi menggelar Operasi Ketupat tahun 2019 selama 13 hari, mulai Rabu 29 Mei 2019 sampai dengan Senin 10 Juni 2019. Selain pantauan mudik, Polisi juga bakal melakukan pengamanan di masjid-masjid hingga ke tempat wisata dalam kegiatan ini.

(ryn/eks)