FOTO : Pembagian Zakat Fitrah di Masjid Istiqlal

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 19:18 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Masjid Istiqlal membagikan zakat pada para penerima. Total beras yang disalurkan 18,5 ton sementara dalam bentuk uang yang dikumpulkan berjumlah Rp500 juta.

Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta Pusat mendistribusikan 18,5 ton beras zakat fitrah kepada ribuan mustahiq atau penerima zakat yang datang ke Masjid Istiqlal pada Selasa, (4/6). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Masjid Istiqlal menerima zakat fitrah dalam bentuk beras 3,5 liter atau uang sebesar Rp50 ribu dari warga dan menyalurkan kepada yang berhak. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pembayaran zakat di Istiqlal dibuka sejak tanggal 1 Ramadhan hingga Selasa pukul 22.00 WIB di masjid terbesar di Indonesia itu. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Setiap penerima zakat atau mustahiq akan mendapatkan lima kilogram beras. Diperkirakan, 2.000 mustahiq memenuhi Masjid Istiqlal untuk mendapatkan beras zakat fitrah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sementara untuk zakat fitrah dalam bentuk uang, pengelola zakat menerima sekitar Rp200 juta hingga pukul 17.00 WIB. Apabila digabung dengan zakat mal, fidiah, kafarat, infaq dan sedekah jumlahnya mencapai Rp500 juta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Seluruh zakat dalam bentuk beras dan uang tersebut diberikan pada mustahiq atau penerima zakat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Animo masyarakat dalam membayar zakat pada tahun ini mengalami perubahan pola. Tahun 2018 lalu, penerimaan zakat fitrah banyak dalam bentuk uang yang mencapai sekitar Rp400 juta, sementara tahun ini lebih didominasi oleh beras. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Uang zakat fitrah yang terkumpul sebesar Rp500 juta itu, nantinya akan diganti ke bentuk beras sebelum dibagikan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Di sisi lain, para mustahiq telah berbondong-bondong datang ke Istiqlal sejak pukul 15.00 WIB, sementara zakat fitrah dibagikan sebelum hingga setelah buka puasa. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)