TMP Kalibata Dipadati Peziarah Usai Salat Id

CNN Indonesia | Rabu, 05/06/2019 09:44 WIB
TMP Kalibata Dipadati Peziarah Usai Salat Id Suasana Taman Makan Pahlawan Kalibata pada Idul Fitri 1440 H, Rabu (5/6). (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dipadati peziarah usai salat Idul Fitri 1440 Hijriah, Rabu (5/6). Puluhan mobil telah berjejer di pinggir jalan sekitar pukul 09.15 WIB. Tak sedikit pula kendaraan yang terparkir di seberang pintu masuk TMP Kalibata.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lapangan, hiruk pikuk peziarah terasa mulai pintu masuk TMP Kalibata.

Puluhan penjual bunga bersaing sengit menawarkan bunga kepada para peziarah yang ingin menyekar di pusara orang terkasih.

"Silahkan bu bunganya murah. Masih segar," seru salah seorang penjual bunga.


Sementara itu, penjaga parkir di depan pintu masuk juga terlihat sibuk menertibkan kendaraan peziarah. Tampak beberapa ruang parkir sengaja dikosongkan untuk tamu VIP.

"Yang tiga ini jangan diisi dulu. Sisain tiga," titip penjaga parkir tersebut kepada rekannya.

Di depan pusara orang terkasih, para peziarah terlihat menaburkan bunga sembari mengucapkan doa. Salah seorang, peziarah mengaku setiap tahun mengunjungi orang tuanya yang sempat menjabat sebagai perwira TNI tahun 1960-an.


Makam Ani Yudhoyono

Pemandangan lain tampak di makam mantan ibu negara, Ani Yudhoyono. Makan Ani juga tampak dipadati oleh peziarah. Terlihat sanak keluarga besar Ani Yudhono telah hadir.

Beberapa pejabat partai Demokrat juga terlihat sudah berada di TMP Kalibata untuk mengunjungi Ani. Salah satu pejabat partai adalah Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan.

Dijadwalkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta keluarga juga akan berziarah ke makam Ani.

Almarhumah Ani Yudhoyono meninggal dunia usai menjalani perawatan medis beberapa bulan di National University Hospital (NUH), Singapura. Ani meninggal pada Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu setempat.

[Gambas:Video CNN]


(jnp/bir)