JK Sebut Kunjungan AHY saat Lebaran Cairkan Hubungan SBY-Mega

CNN Indonesia | Rabu, 12/06/2019 03:11 WIB
JK Sebut Kunjungan AHY saat Lebaran Cairkan Hubungan SBY-Mega Wakil Presiden Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pertemuan Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan Megawati Sukarnoputri pada momen lebaran lalu mencairkan hubungan Ketua Umum PDI Perjuangan itu dengan ayah AHY, Susilo Bambang Yudhoyono yang disebut tak akur sejak 2004.

"Ya semua tahu hubungan Bu Mega dan Pak SBY agak renggang, kan. Jadi justru anaknya generasi kedua bagus, selfie-selfie, itu mencairkan suasana politik nasional," ujar JK di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (11/6).

AHY yang berkunjung dengan adiknya, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas serta istri mereka masing-masing, Annisa Pohan dan Siti Ruby Alya Rajasa saat itu diterima oleh anak Mega, Puan Maharani. Momen lebaran keluarga SBY dan Megawati itu kemudian diabadikan oleh Puan yang disebarkan melalui akun instagram pribadi.


"Jadi terutama dari generasi muda, walaupun ada masalah di generasi sebelumnya, tapi pada generasi muda itu direkatkan," ucap JK.

JK Sebut Kunjungan AHY saat Lebaran Cairkan Hubungan SBY-MegaAgus Harimurti Yudhoyono saat silaturahmi ke rumah Megawati Sukarnoputri, 5 Juni 2019. (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Ia pun meminta agar pertemuan tersebut tak dikaitkan dengan politik. Menurut JK, pertemuan itu semata silaturahmi yang dilakukan saat momen lebaran.

"Itu suatu hal yang baik lebaran silaturahmi dengan siapa saja, kita sambut baik pertemuan itu. Jangan dilihat hanya dari sisi politik tapi dari sisi hubungan secara nasional," katanya.

JK sendiri meyakini tak ada pembahasan soal kemungkinan Demokrat merapat ke koalisi calon presiden Joko Widodo dalam pertemuan tersebut. Demokrat hingga saat ini diketahui masih bergabung dengan koalisi Prabowo-Sandiaga Uno.

"Ya, itu masalah yang akan datang. Itu tergantung keduanya. Saya belum tahu, saya yakin pembicaraan itu belum ada," tuturnya.

AHY bersilaturahmi ke kediaman Mega saat lebaran Idul Fitri 5 Juni lalu. Ia bertamu bersama Ibas serta istri mereka masing-masing. Selain Mega, AHY dan Ibas juga mengunjungi Presiden RI ke-3 BJ Habibie dan istri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Kedatangan AHY bersama Ibas ini dinilai sejumlah pihak sebagai langkah awal membangun komunikasi baru antara SBY dengan Mega yang sejak 2004 silam tampak tidak akur.

Silaturahmi putra SBY itu juga dianggap sebagai upaya membuka peluang Demokrat berkoalisi dengan partai penyokong Joko Widodo-Ma'ruf Amin. PDIP merupakan motor dalam koalisi tersebut. (psp/wis)