Kapolri Puji Prabowo Imbau Pendukungnya Tidak Datang ke MK

CNN Indonesia | Kamis, 13/06/2019 18:14 WIB
Kapolri Puji Prabowo Imbau Pendukungnya Tidak Datang ke MK Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (REUTERS/Beawiharta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengapresiasi imbauan yang disampaikan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, kepada para pendukungnya agar tidak mendatangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengawal persidangan sengketa hasil Pilpres 2019.

Ia pun menghargai Prabowo yang meminta pendukungnya untuk percaya pada jalan hukum yang ia tempuh di MK.
"Pertama saya menyampaikan apresiasi kepada bapak Prabowo Subianto yang telah menyampaikan imbauan kepada masyarakat terutama pendukung beliau untuk mempercayakan proses hukum yang sudah ditempuh oleh beliau ke MK," kata Tito di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (13/6).

Ia pun mengatakan pihak kepolisian terus berupaya mengantisipasi untuk keadaan terburuk. Saat ini diketahui ada sekitar 17 ribu personel kepolisian yang dikerahkan. Gabungan personel dengan TNI diketahui ada sekitar 32 ribu personel.


"Polri dan TNI selalu menyiapkan worst scenario, selalu mengantisipasi worst scenario, sebagai pasukan yang ada dari Polri lebih kurang 17 ribu, termasuk yang dari daerah-daerah saya tidak pulangkan," tambahnya.

Prabowo sebelumnya meminta pendukungnya untuk percaya pada dirinya dan Sandi dalam menghadapi sengketa Pilpres yang mulai disidangkan 14 Juni mendatang.
"Saya dan Sandiaga memohon agar pendukung kami untuk tidak berbondong-bondong hadir di MK pada hari-hari mendatang," kata Prabowo dalam pernyataannya melalui video yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (11/6).

Dia menyebut bersama dengan Sandi yang menjadi calon wakilnya dalam Pilpres 2019 ini telah memutuskan untuk menjalani semuanya sesuai ketentuan hukum dan konstitusi. Prabowo menyebut semua langkah yang dia ambil telah dipikirkan demi kepentingan rakyat.

"Kami putuskan selesaikan semua melalui jalur hukum. Kami selalu pikirkan yang terbaik untuk rakyat," katanya. (ani/ayp)